Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Bullying

Authors

  • Hanifatul Fauziyah Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Arsam Arsam Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Fitriah Fitriah Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.622

Keywords:

Bullying, peran guru, kekerasan

Abstract

Bullying atau perundungan merupakan salah satu bentuk kekerasan yang terjadi di sekolah. Bullying merupakan bentuk perilaku kekerasan dengan adanya kekuasaan untuk menyakti seseorang atau sekolompok secara verbal, fisik maupun psikologis. Tujuan penelitian ialah mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menangani terjadinya bullying di SD Negeri 15 Lalembuu Konawe Selatan dan factor apa saja penyebab terjadinya bullying di SD Negeri 15 Lalembuu Konawe Selatan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu sebuah produser penelitian berdasarkan data deskriptif berupa lisan dan tertulis dari subjek penelitian atau informan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 15 Lalembuu Konawe Selatan. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru pendidikan agama Islam dan peserta didik kelas VI. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini ialah Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani kasus bullying tersebut dengan cara menasehati kepada peserta didik yang melakukan pembullyian tersebut, setelah itu memberikan hukuman yang mendidik kepada peserta didik, dan memanggil orang tua jika seorang peserta didik sudah melakukan bullying sebanyak tiga kali. Faktor terjadinya bullying di SD Negeri 15 Lalembuu terjadi karena faktor eksternal ataupun internal, seorang peserta didik kurang mendapat perhatian dari seorang guru, faktor keluarga, ekonomi, dan lainnya.

References

Aulia Azzahra et al. (2024). Peran Guru BK dan PAI Dalam Menyikapi Kasus Bullying di SMPN 08 Palembang. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial Vol. 2 No. 1 Januari.

Dhamayanti, M. (2021). Bullying: Fenomena Gunung Es Di Dunia Pendidikan. Sari Pediatri, 23(1), 67.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48.

Fithria, F., & Auli, R. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying. Idea Nursing Journal, 7(3), 9–17.

Ghony, Djunaidi dan Fauzan, Almansur. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

Muhammad Habil, et al. Peran Guru PAI Mengatasi Bullying SD045/XIKoto Dua Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial Vol. 2 No. 1 Januari 2024.

Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press. 2006.

Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2006), Cet. 1. 2006.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. 1990.

Uhbiyati, Nur dan Abu, Ahmadi. Ilmu Pendidikan Islam I (IPI). Bandung: Pustaka Setia, 1997), Cet. I. 1997.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Penjelasannya, (Semarang: Sari Agung, 2006),

Wawancara Dengan Guru Pendidikan Agama Islam, Ibu Rahmawati S.Pd., Pada Tanggal 5 Januari 2024.

Wawancara Dengan Guru kelas SD Negeri 15 Lalembuu, Ibu Siti Akhadiyah, S.Pd., ., Pada Tanggal 5 Januari 2024

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Fauziyah, H., Arsam, A., & Fitriah, F. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Bullying . RELIGI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2). https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.622