Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Yusuf Yusuf Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Fitriah Fitriah Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Inang Inang Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/religi.v1i1.462

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Da’wah Al- Irsyad Labibia Kecamatan Mandonga Kota Kendari. 2. Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Da’wah Al-Irsyad Labibia Kecamatan Mandonga Kota Kendari.

Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, Guru akidah akhlak, dan peserta didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini berfokus pada triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pembelajaran akidah akhlak telah berjalan dengan baik. Proses implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui proses pembelajaran akidah akhlak dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan pembiasaan seperti membiasakan ada waktu 5-10 menit pemberian motivasi atau nasehat, kemudian ada tahapaninsersi atau menyisipkan materi tentang moderasi beragama disetiap materi pelajaran, dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori serta menggunakan metode ceramah dan diskusi dalam proses pembelajarannya. Serta ada kegiatan keagamaan untuk membantu implementasi nilai-nilai moderasi beragama seperti kegiatan pembinaan dan pembimbingan setelah shalat dhuha dan dzuhur berjamaah setiap hari selasa, rabu, dan kamis, serta kegiatan pembinaan dan pembimbingan setiap hari sabtu, dan kegiatan safari ramadhan.

Adapun nilai- nilai moderasi yang terimplementasi dalam proses pembelajaranya itu nilai Tasamauh, Al- adl, Syura, Islah, dan Qudwah. 2).Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah yang baik yang merupakan sekolah keagamaan dan prasarana sekolah yang mendukung serta sinergisitas yang baik antara guru dan peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya referensi terkait moderasi beragama, pengaruh negatif pergaulan peserta didik diluar lingkungan sekolah,dan dampak negatif hand phone.

Published

2024-02-29

How to Cite

Yusuf, Y., Fitriah, F. ., & Inang, I. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . RELIGI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.51454/religi.v1i1.462