Penerapan Metode Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Yusuf Yusuf Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Ardianto Azis Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Umi Kalsum Sugianto Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/religi.v1i1.336

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Index card match pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Laosu, mengetahui penerapan metode pembelajaran Index card match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD Negeri 2 Laosu dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD Negeri 2 Laosu Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode Index card match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD Negeri 2 Laosu. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,99. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 73,22. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,88 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode Index card match dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Laosu dapat dibuktikan.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Yusuf, Y., Azis, A., & Kalsum Sugianto, U. (2023). Penerapan Metode Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik . RELIGI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.51454/religi.v1i1.336