Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Moral Perspektif Kajian Pendidikan Moral Imam Nawawi al-Bantani
DOI:
https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.612Keywords:
pendidikan Islam, Pendidikan Moral, Imam Nawawi al-BantaniAbstract
Selama ini, pendidikan Islam dalam pelaksanaannya hanya berfokus pada transfer pengetahuan (kognitif) saja. Sebab, pendidikan Islam kehilangan konsep pendidikan dan tujuan pendidikan yang belum diarahkan. Terakhir, mahasiswa diarahkan untuk hanya mengejar skil yan yang duniawi dan melupakan ajaran nilai-nilai Islam di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan Islam sebagai perspektif pendidikan moral terhadap kajian pendidikan moral Imam Nawawi al-Bantani. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (penelitian pustaka) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder yang berasal dari buku dan jurnal ilmiah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan moral Imam Nawawi al-Bantani menunjukkan tiga konsep yang membuat pendidikan Islam diarahkan dan berfokus pada perkembangan moral atau ahklak peserta didik, yaitu, pendidikan moral dalam kaitannya dengan individu, pendidikan moral dalam kaitannya dengan keluarga dan pendidikan moral yang berkaitan dengan masyarakat. Ketiganya merupakan konsep pendidikan Islam yang menunjukkan bahwa pendidikan Islam adalah pendidikan moral.
References
Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 1–476.
Adib, M. A. (2022). SYEKH NAWAWI AL-BANTANI : KAJIAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DI ABAD-21. Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatn, 16(2), 444–466.
Amelia, L., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Moral Bagi Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(5), 193–197. https://doi.org/10.52436/1.jpti.41
Arifin, Syamsul. Abidin, Nurul. Al-Ansori, F. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurna; Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.28918/jupe.v8i2.84
Cahyawati, H. (2022). The Values of Faith-Based Moral Education in the Perspective of Sheikh Nawawi al-Bantani ( Analytical Study of the Book of Qami ’ u at-Tughyan ). Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 257–263.
Dewi, N. S., Kurniati, L., & Fitriyani, D. (2022). Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Setelah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pesona, 8(1). https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/pesona/article/view/1647
Firdaus, M. A., & Fauzian, R. (2020). Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 136–151. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi
Hidayat, A. W., & Fasa, M. I. (2019). Syekh Nawawi Al-Bantani Dan Pemikirannya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(2), 297. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i2.3209
Kasron. (2021). Urgensi Pendidikan dan Pengajaran Akhlak (Budi Pekerti) Sebagai Pondasi Dalam Perspektif Islam. Manusia Dalam Prespektif Agama Islam, 7(September), 2086–9118.
Khamid, A. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Nawawi Al-Bantani Dalam Kitab Nashaih Al-‘Ibad. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 29. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i1.6528
Much. Mahfud Arif. (2021). Pendidikan Islam Dalam Pandangan Syekh Nawawi Al- Bantani Dan Implikasinya Di Era Modern. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(1), 52–67. https://doi.org/10.51675/jt.v15i1.123
Murjani, & Nurjaman, U. (2022). Moral Education Based On Religion, Philosophy, Psychology And Sociology. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 142–161.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Islam Konsep Pemikiran Tokoh: 3 Ulama, 4 Madzhab dan 9 Walisongo (Cetakan ke). Pustaka Pelajar.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.
Nuradhawati, R. (2022). Peran Pendidikan Moral Pancasila Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral di Kalangan Generasi Muda Indonesia. Perkumpulan Islam, 01(01), 31–42.
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Sujatnika, Dadang, A. (2021). Etika Mencari Ilmu dalam Presfektif Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 13–28.
Yusuf, M. (2022). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MORAL ERA KONTEMPORER. Rabbani: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 94–117.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asman, Ajusman Ajusman, Arsam Arsam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.