Strategi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) Nurul Iman Sanua Melaksanakan Pembinaan Membaca Al-Qur’an Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.51454/religi.v1i1.343Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Strategi Guru TPA Nurul Iman Sanua dalam melaksanakan pembinaan membaca Alquran (2) Untuk mendekripsikan apakah kendala Guru TPA Nurul Iman Sanua dalam melaksanakan pembinaan membaca Alquran pada masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1). Strategi pembinaan baca Alquran yang dilakukan di TPA Nurul Iman Sanua Kota Kendari ada dua macam, pertama secara daring dimana pembinaan dilaksanakan di rumah masing-masing Santri Selama 3 bulan dengan mengunakan aplikasi via WhatsApp dengan cara vidio cool dalam sistem 1 Jam sebanyak 8 orang setiap santri untuk melaksanakan membaca Alquran dan menyampaikan materi berupa pelajaran ilmu tajwid, begitupun dengan aplikasi Zoom cara memberikan share ID dan Password kepada santri dalam sistem 1 Jam sebanyak 10 atau 13 orang setiap santri untuk melaksanakan membaca Alquran dan menyampaikan materi berupa pelajaran ilmu tajwid, dan akhlak karena, Pada Masa Pandemi Covid 19 pada tahun 2019 bulan maret pemerintah mengeluarkan surat edaran yang ditunjukan kepada Dinas Pendidikan bahwa proses belajar mengajar dilaksanakan secara online. Dimana Guru memerintahkan kepada setiap santri masing – masing membaca Alquran 5 – 7 menit karena waktu yang sangat terbatas. Oleh karena itu Guru mengunakan Metode audio visual untuk mengefisienkan waktu yang sangat terbatas. Kedua secara offline, dilakukan dengan tatap muka lansung kepada santri dan tetap mematuhi protokol kesehatan, selanjunya dengan mengunakan metode privat dan klasikal. (2). Beberapa hal yang menjadi kendala Guru TPA Nurul Iman Sanua Kota Kendari dalam pembinaan baca Alquran Dimasa Pandemi Covid 19 Diantaranya jaringan dan kuota yang kurang mendukung pada saat pembelajaran online berlangsung sehingga penyampaian meteri tidak efektif dan efisien, yang kedua penggunaan masker yang menyebabkan penyebutan huruf hijaiyah kurang jelas, kemudian beberapa santri kadang tidak mematuhi protokol kesehataan yakni lupa mengenakan masker. Kata Kunci: Strategi, Pembinaan Baca Alquran,Masa Pandemi Covid 19 Kata kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Model Active LearningDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Religi: Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.