DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Arsam Arsam Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Leliy Kholida Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Sahril Ramadhan Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.613

Keywords:

Dampak, , Penggunaan Game Online, Motivasi Belajar

Abstract

Game online adalah salah satu game berbasis elektronik dan visual yang permainannya dapat dijalankan jika terhubung dengan internet. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui deskripsi penggunaan game online terhadap motivasi belajar Peserta Didik di Kelas VIII MTS Swasta Labibia Kota Kendari dan untuk mengetahui dampak penggunaan game online terhadap motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas VIII MTS Swasta Labibia Kota Kendari. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk Analisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan game online pada peserta didik kelas VIII MTS S Labibia, Mereka memainkan game online ini karena dalam penggunaanya yang menantang serta game online ini menunjukkan bahwa penggunaannya dapat menuntut kerjasama tim dan memberikan pengalaman seru bagi para pemainnya. Adapun dampak dari penggunaan game online terhadap motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Yaitu Peserta didik cenderung mengalami penurunan motivasi belajar yang tercermin dalam penurunan nilai akademik dan perubahan perilaku, seperti kurangnya kedisiplinan, kehilangan fokus pada tugas sekolah, dan kurangnya keterlibatan dalam pembelajaran Al Qur'an Hadits.

References

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121

Bafadal, I. (2021). Parenting Islam dalam Menekan Kecanduan Game Online pada Remaja. Jurnal Penelitian Keislaman, 17(1), 21–38. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i1.3470

Doni, F. G. (2018). Dampak Game Online Bagi Penggunanya. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13. https://ijse.web.id/jurnal/index.php/ijse/article/view/77/77

Erida, F. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Influence of Games Online on Changes in Adolescent Behavior. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Influence of Games Online on Changes in Adolescent Behavior, 1(2), 15. http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/klinik/article/view/531/394

Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102–113. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i2.5651

Junoko, S., Yulius, Y., & Prasetya, D. (2020). PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAMPAK GAME ONLINE BAGI REMAJA DI KOTA PALEMBANG Berlandaskan dari faktor tersebut Penulis berinisiatif untuk merancang suatu media kampanye yang edukatif serta mampu memberi pengetahuan baru kepada remaja tentang dampak bermai. Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 5(2), 141–148.

Malahayati, Warits, N., Putri, M., & Doriza, S. (2020). Dampak Game Online: Studi Fenomena Perilaku Trash-Talk pada Remaja. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), 72–85. https://core.ac.uk/download/pdf/353678409.pdf

Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154

Ningsih, P., Kuryanto, M. S., & Setiadi, G. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Game Online Mobile Legend pada Anak Usia Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1719–1734. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5520

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Nugraha et al, Yuda, Fikruzzaman, deden dan Nurhasanah, E. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JEES (Journal of English Educators Society), 6(1), 71–82. https://jees.umsida.ac.id/index.php/jees/article/view/1587

Rahman, I. A., Ariani, D., & Ulfa, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85–90. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i2.2438

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 29.

Downloads

Published

2024-06-09 — Updated on 2024-08-23

Versions

How to Cite

Arsam, A., Kholida, L., & Ramadhan, S. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK . RELIGI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2). https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.613 (Original work published June 9, 2024)