DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.613Keywords:
Dampak, , Penggunaan Game Online, Motivasi BelajarAbstract
Game online adalah salah satu game berbasis elektronik dan visual yang permainannya dapat dijalankan jika terhubung dengan internet. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui deskripsi penggunaan game online terhadap motivasi belajar Peserta Didik di Kelas VIII MTS Swasta Labibia Kota Kendari dan untuk mengetahui dampak penggunaan game online terhadap motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas VIII MTS Swasta Labibia Kota Kendari. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk Analisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan game online pada peserta didik kelas VIII MTS S Labibia, Mereka memainkan game online ini karena dalam penggunaanya yang menantang serta game online ini menunjukkan bahwa penggunaannya dapat menuntut kerjasama tim dan memberikan pengalaman seru bagi para pemainnya. Adapun dampak dari penggunaan game online terhadap motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Yaitu Peserta didik cenderung mengalami penurunan motivasi belajar yang tercermin dalam penurunan nilai akademik dan perubahan perilaku, seperti kurangnya kedisiplinan, kehilangan fokus pada tugas sekolah, dan kurangnya keterlibatan dalam pembelajaran Al Qur'an Hadits.
References
Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121
Bafadal, I. (2021). Parenting Islam dalam Menekan Kecanduan Game Online pada Remaja. Jurnal Penelitian Keislaman, 17(1), 21–38. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i1.3470
Doni, F. G. (2018). Dampak Game Online Bagi Penggunanya. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13. https://ijse.web.id/jurnal/index.php/ijse/article/view/77/77
Erida, F. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Influence of Games Online on Changes in Adolescent Behavior. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Influence of Games Online on Changes in Adolescent Behavior, 1(2), 15. http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/klinik/article/view/531/394
Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102–113. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i2.5651
Junoko, S., Yulius, Y., & Prasetya, D. (2020). PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAMPAK GAME ONLINE BAGI REMAJA DI KOTA PALEMBANG Berlandaskan dari faktor tersebut Penulis berinisiatif untuk merancang suatu media kampanye yang edukatif serta mampu memberi pengetahuan baru kepada remaja tentang dampak bermai. Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 5(2), 141–148.
Malahayati, Warits, N., Putri, M., & Doriza, S. (2020). Dampak Game Online: Studi Fenomena Perilaku Trash-Talk pada Remaja. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), 72–85. https://core.ac.uk/download/pdf/353678409.pdf
Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154
Ningsih, P., Kuryanto, M. S., & Setiadi, G. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Game Online Mobile Legend pada Anak Usia Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1719–1734. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5520
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Nugraha et al, Yuda, Fikruzzaman, deden dan Nurhasanah, E. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JEES (Journal of English Educators Society), 6(1), 71–82. https://jees.umsida.ac.id/index.php/jees/article/view/1587
Rahman, I. A., Ariani, D., & Ulfa, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85–90. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i2.2438
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 29.
Downloads
Published
Versions
- 2024-08-23 (2)
- 2024-06-09 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arsam Arsam, Sahril Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.