Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Ketersediaan Peralatan Pendukung dan Aplikasi yang Digunakan
Utilization Of Interactive Multimedia In The Learning Process Is Reviewed From The Availability Of Supporting Equipment And Applications Used
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.21Keywords:
guru, multimedia interaktif, sekolah menengah atasAbstract
Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran sanggup membuat atmosfer pembelajaran lebih menarik atensi siswa serta interaksi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan multimedia pembelajaran oleh guru sekolah menengah atas di Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini mempelajari secara intensif penggunaan multimedia pembelajaran oleh guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Buton. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan presentase dan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se-Kabupaten Buton cukup baik. Hal ini didukung dengan ketersediaan peralatan pendukung, namun pada aspek multimedia interaktif yang digunakan masih sangat kurang. Hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan dalam membuat multimedia interaktif, sehingga media yang digunakan didominasi media presentasi dengan slide power point dan media yang didownload dari internet.
References
Fajriani, A., Darman, D., Saputra, H. N., & Sinarti, A. (2020). Hypertext Based Interactive Multimedia Development. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(2), 10-16.
Hadijah, S. (2018). Analisis Respon Siswa dan Guru Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 176-183. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.391
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial, 280-286.
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75. http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655
Salim, Basri, A. M., Husain, D. L., Hidayah, A. N., & Nurhayati. (2020). The Use Of Digital Literacy In Higher Education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(1), 52-66. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i1.197
Setiyawan, A., Asrowi., & Suryani, N. (2017). Urgensi Pemanfaatan Multimedia Pada Pendidikan Agama Islam Jenjang SMK. Teknodika: Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(2), 1-11. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34742
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v2.i1.202005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Darman, Asrul, Hendra Nelva Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.