Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Ketersediaan Peralatan Pendukung dan Aplikasi yang Digunakan

Utilization Of Interactive Multimedia In The Learning Process Is Reviewed From The Availability Of Supporting Equipment And Applications Used

Authors

  • Darman Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Asrul Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hendra Nelva Saputra Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.21

Keywords:

guru, multimedia interaktif, sekolah menengah atas

Abstract

Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran sanggup membuat atmosfer pembelajaran lebih menarik atensi siswa serta interaksi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan multimedia pembelajaran oleh guru sekolah menengah atas di Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini mempelajari secara intensif penggunaan multimedia pembelajaran oleh guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Buton. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan presentase dan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se-Kabupaten Buton cukup baik. Hal ini didukung dengan ketersediaan peralatan pendukung, namun pada aspek multimedia interaktif yang digunakan masih sangat kurang. Hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan dalam membuat multimedia interaktif, sehingga media yang digunakan didominasi media presentasi dengan slide power point dan media yang didownload dari internet.

References

Fajriani, A., Darman, D., Saputra, H. N., & Sinarti, A. (2020). Hypertext Based Interactive Multimedia Development. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(2), 10-16.

Hadijah, S. (2018). Analisis Respon Siswa dan Guru Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 176-183. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.391

Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial, 280-286.

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75. http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655

Salim, Basri, A. M., Husain, D. L., Hidayah, A. N., & Nurhayati. (2020). The Use Of Digital Literacy In Higher Education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(1), 52-66. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i1.197

Setiyawan, A., Asrowi., & Suryani, N. (2017). Urgensi Pemanfaatan Multimedia Pada Pendidikan Agama Islam Jenjang SMK. Teknodika: Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(2), 1-11. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34742

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v2.i1.202005

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Darman, Asrul, & Hendra Nelva Saputra. (2021). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Ketersediaan Peralatan Pendukung dan Aplikasi yang Digunakan: Utilization Of Interactive Multimedia In The Learning Process Is Reviewed From The Availability Of Supporting Equipment And Applications Used. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 64–68. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.21

Issue

Section

Articles