Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Smart Aplikasi Creator Pada Materi Media Visual
Android-Based Educational Game Development Using Smart Creator App On Visual Media Material
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.40Keywords:
android, game edukasi, media visualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah media kepada peserta didik berupa game edukasi berbasis android, hal ini dilandasi dari generasi sekarang yang selalu bergantung kepada kecanggihan teknologi, di mana android menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam hal pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah (Research & Development). Game Media Visual dikembangkan melalui tahapan (1) analisis, (2) perencanaan, (3) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) evaluasi. Setiap tahapan tersebut terdapat beberapa langkah kerja yang diadaptasi dan diseleksi dari model pengembangan multimedia pembelajaran. Model tersebut relevan karena mencakup segala jenis pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. Pengembangan game edukasi berbasis android pada materi media visual telah berhasil dilakukan dengan persentase 75% dari ahli media yang berarti layak digunakan dan 90% dari ahli materi yang berarti sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Guru dan siswa menyatakan bahwa game edukasi media visual memberikan metode pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya karena menampilkan sebuah materi pembelajaran dengan media game sehingga para siswa lebih tertarik akan media pembelajaran ini.
References
Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). Game Edukasi Vr Pengenalan Dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode Mdlc Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 88-93.
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) Untuk Mengajarkan Global Warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 72-80.
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 7 (1), 171 – 182
Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 225-230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959
Harsalinda, R., & Wijayati, P., H. (2018). Visualisasi Sebagai Upaya untuk Memahami Materi Teoritis di Dalam Perkuliahan. Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesian. 2 (1), 1-14.
Kusumawati, R., Aviani, Y. I., & Molina, Y. (2017). Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online Pada Remaja Ditinjau Dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 8(1), 88-99.
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158.
Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2017). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167-184.
Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A., (2019). Game Edukasi: Apakah Membuat Belajar Lebih Menarik?. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39-50. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64
Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Pengembangan game edukasi kimia berbasis role playing game (RPG) pada materi struktur atom sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa kelas X SMA di kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 96-104.
Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v2.i1.202005
Widiastuti, N. I. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 1(2), 41-48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yusril, Muhammad Jumardin, Dian Hasaniah, Sitti Aisa Anini, Emilia Kontesa, Nur Asmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.