Eksperimen Model Pembelajaran Edutainment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Diawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Amril Amril Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Suarni Suarni Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.620

Keywords:

pengaruh, model edutainment, motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui gambaran tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan model pembelajaran edutainment dan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Lembo Kabupaten Konawe Utara dan ntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran edutainment terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lembo Kabupaten Konawe Utara. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Post test Only Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih, setelah itu diberikan perlakuan, dan terakhir diberi post test. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 79,7 dengan presentase 53% dan termasuk kategori baik. Sedangkan tingkat motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran edutainment adalah sebesar 88,13 dengan presentase 81% dan termasuk kategori sangat baik. Terdapat pengaruh motivasi belajar PAI setelah dilaksanakannya post test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diuji dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, dapat dinyatakan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan yang berbeda, pada kelas kontrol thitung < ttabel yaitu 0,391 < 1,671 dan Sig.(????) > a (0.05) yaitu 0,421 > 0,05 sedangkan pada kelas eksperimen Sig.(????) < a (0,05) yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 5.253 > 1,671 dengan df = 59 dan taraf signifikan 5%. Diketahui bahwa keduanya mengalami perbedaan dari motivasi belajar post test disetiap kelas, kelas kontrol motivasi belajar post test sebesar 79,7 lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen memperoleh motivasi belajar post test sebesar 88,13.

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dilaketika Jurnal Kependidikan, 12(2), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mitasari, N. R. (2018). Model Pembelajaran Edutainment dalam Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 41–49. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/698

Masrukhin. (2018). “Metodologi Penelitian Kuantitatif”. (Kudus : Media Ilmu Press).

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Rusmini (Ed.), Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA) (Cetakan I). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan.

Santoso, S. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–68. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2376

Telupun, D. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT UNTUK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 5–24.

Widiasmoro, E. (2018). Strategi Pembelajaran Editainment Berbasis Karakteer (Cetakan er). Ar Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Diawati, Amril, A., & Suarni, S. (2024). Eksperimen Model Pembelajaran Edutainment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. RELIGI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2). https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.620