Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) Di Gontor 6 Konawe Selatan

Authors

  • Furqon Hermanto Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
  • Syamsu Syamsu Pendidikan Agama Islam, IAIN Kendari, Indonesia
  • Suarni Suarni Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.609

Keywords:

Implementasi., Kurikulum, Pengembagan Karakter

Abstract

Karakter peserta didik merupakan aspek penting dalam pembentukan pribadi yang berkualitas. Kurikulum KMI di Gontor 6 Konawe Selatan didesain secara khusus untuk mengintegrasikan pendidikan agama Islam dengan pembelajaran akademik. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bagaimana karakter Peserta didik di Gontor 6 dan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) dalam mengembangkan karakter Peserta didik. Penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil pengasuh, Guru KMI, dan Peserta didik. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan Karakter Peserta didik di Gontor 6 memiliki karakter toleransi yang baik yang di dapat dari keberagaman Peserta didik yang ada di Gontor. Keberagaman ini juga mengakibatkan munculnya sikap kepedulian yang baik antara peserta didik atau Ukhuwah Islamiyyah yang di jaga dengan ketatnya displin yang ada. Selain itu, Implementasi Kurikulum KMI dalam mengembangan karakter di Gontor 6 Konwe Selatan berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Sunnah dan berasal dari nilai nilai dasar Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu Panca Jiwa berupa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan.

References

Aliet Noorhayati Sutisno, Telaah Filsafat Pendidikan (Yogyakarta: K-Media, 2019), 129–30.

Dr.Zubairi. Belajar Untuk Berakhlaq. Indramayu: CV.Adanu Abimata, 2022.

Hendarman, Dkk. “Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter.” Kemdikbud, 2017, 57950176.

Hasil Observasi Kondisi Asrma, Gontor 6, 23 Januari 2024.

Hasil wawancara dengan wakil pengasuh, Ariffudin, S.Ap., Gontor 6, 23 Februari 2024.

Hasil wawancara dengan wakil pengasuh, Ariffudin, S.Ap., Gontor 6, 23 Februari 2024.

Hasil wawancara dengan Guru KMI, Muhammad Handoko, S.H., Gontor 6, 23 Februari 2024.

Husein. “Seluruh Kegiatan Di Gontor Adalah Pendidikan,” 2022. https://gontor.ac.id/seluruh-kegiatan-di-gontor-adalah-pendidikan/.

Rohendi, Edi. “Pendidikan Karakter Di Sekolah.” EduHumaniora 3 (August 1, 2016). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Hermanto, F., Syamsu, S., & Suarni, S. (2024). Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) Di Gontor 6 Konawe Selatan. RELIGI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–108. https://doi.org/10.51454/religi.v1i2.609