Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Active Learning
DOI:
https://doi.org/10.51454/religi.v1i1.340Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Active Learning Kelas V di SD Islam Anawai Mandonga Kota Kendari (2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Active Learning Kelas V di SD Islam Anawai Mandonga Kota Kendari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif,asumber data dalam penelitian diklarifikasikan menjadi data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data terdiri observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun pengolahan data menggunakan metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan model Active Learning berjalan dengan baik, walaupun masih ada kekurangan. Diantara metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SD Islam Anawai Mandonga yang mengarah kepada pendekatan belajar aktif. (Active Learning ) adalah metode diskusi, problem solving, jigsaw, index card match, drill/latihan. Tanya jawab, bermain peran dan demonstrasi. (2) Fakor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan model Active Learning adalah minat peserta didik belajar yang tinggi, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memedai untuk proses belajar, sedangkan yanf menjadi faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian peserta didik yang enggan untuk menyampaikan pendapatnya, dan latar belakang peserta didik yang berbeda.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Religi: Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.