Optimisasi Implementasi Sistem Informasi Reminder Treatment pada Pasien Berbasis SMS Gateway
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v5i1.832Keywords:
Optimisasi, Sistem Reminder Treatment, SMS GatewayAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat mendorong aktifnya digunakan perangkat tekknologi dalam bisnis. Salah satu bidang bisnis yang dikembangkan seiring dengan teknologi adalah pemanfaatan SMS gateway dalam melakukan pengingat pada penggunanya. Salah satu bisnis yang menggunakan SMS gateway untuk memberikan pengingat pada pasien adalah klinik kecantikan Hayyu. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa bagaimana sistem SMS gateway dapat dioptimalisasikan sebagai media reminder treatment berdasarkan feedback dari pengguna. Optimisaasi dilakukan dengan memberikan survei terhadap sejumlah sampel pengguna aplikasi dan menganalisis data hasil penelitian tersebut menggunakan metode perhitungan rata-rata tiap UEQ. Nilai UEQ diakhir ini akan digunakan sebagai pertimbangan keoptimalan aplikasi ini saat digunakan untuk reminder treatment dimana diakhir penelitian nilai yang diperoleh untuk UEQ memiliki rata-rata yang tinggi untuk tiap aspek UEQ. Hasil dari penelitian ini menggunakan metode UEQ pada Skala Benchmark menunjukkan aspek ketepatan memiliki nilai tertinggi yakni sebesar 1,071. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sistem informasi reminder treatment ini dianggap dapat dipercaya karena menjalankan fungsinya tanpa kesalahan atau gangguan yang signifikan, memberi pengguna rasa aman dan yakin dengan informasi atau pengingat yang mereka berikan.
References
Alawiyah, F. F., & Canta, D. S. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 344–350. https://doi.org/10.47065/josh.v3i4.1574
Alkhalifi, Y., & Puspita, K. (2022). Sistem Informasi Berbasis Website Pada Klinik Kecantikan Nastyaderm Karawang Dengan Metode Waterfall. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 6(2), 196–206. https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i2.11660
Annisa, F. D. N., Jaya, J. N. U., & Surmiati, S. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Wallet OVO dan GOPAY Dengan Metode User Experience Questionnaire. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 242–251. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1527
Checcucci, E., Piramide, F., De Cillis, S., Volpi, G., Piana, A., Verri, P., Bellin, A., Di Dio, M., Fiori, C., Porpiglia, F., & Amparore, D. (2023). Health Information Technology Usability Evaluation Scale (Health-ITUES) and User-Experience Questionnaire (UEQ) for 3D Intraoperative Cognitive Navigation (ICON3DTM) System for Urological Procedures. Medicina (Lithuania), 59(3). https://doi.org/10.3390/medicina59030624
Ernawati, E., Bakhtiar, M. Y., & Rahmawati, R. (2023). Perancangan Sistem Informasi Klinik Berbasis Website Pada Pt Wonjin Indonesia Jakarta. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 7(1), 69–75. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6249
Kollmorgen, J., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2024). Selecting the Appropriate User Experience Questionnaire and Guidance for Interpretation: the UEQ Family. International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, In press(In press), 1. https://doi.org/10.9781/ijimai.2024.08.005
Kuadey, N. A., Ankora, C., Adjei, L., Krampa, E., Bolatimi, S. O., Bensah, L., & Agbesi, C. C. M. (2024). Evaluating Students’ User Experience on Student Management Information Systems. Advances in Human-Computer Interaction, 2024. https://doi.org/10.1155/2024/8450204
Lasawali, A. A., Irawan, A. S. Y., Mayasari, R., & Nugraha, B. (2022). User Experience Analysis with User Experience Questionnaire (UEQ) in Academic Information Systems: Analisis Pengalaman Pengguna dengan User Experience Questionnaire (UEQ) pada Sistem Informasi Akademik. SYSTEMATICS, 4(3), 482-492.
Noor, A., & Hadisaputro, E. L. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 672–677. https://doi.org/10.47065/josh.v3i4.1881
Nopita, M., Purnamasari, S. D., & Yudiastuti, H. (2022). Evaluasi Usability Website SMA PGRI 2 Palembang Menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal Mantik, 6(3), 3299–3307.
Novitasari, S. F., Mursityo, Y. T., & Rusydi, A. N. (2020). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E-Commerce Sociolla.Com Menggunakan Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.25126/justsi.v1i2.9
Pal, S., Biswas, B., Gupta, R., Kumar, A., & Gupta, S. (2023). Exploring the factors that affect user experience in mobile-health applications: A text-mining and machine-learning approach. Journal of Business Research, 156(November 2022), 113484. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.113484
Prathama, G. I. L., Fanani, L., & Brata, K. C. (2022). Perancangan User Experience Sistem Informasi Klinik berbasis Aplikasi Mobile menggunakan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Klinik Dr. Maya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(12), 6068-6080.
Putro, S., Kusrini, K., & Kurniawan, M. P. (2020). Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul. Creative Information Technology Journal, 6(1), 27. https://doi.org/10.24076/citec.2019v6i1.242
Sangkalibu, L. O. M., & Saputra, H. N. (2022). Membangun Sistem Informasi Website Sekolah Dengan Menggunakan Google Sites. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 7(1), 87-96. https://doi.org/10.15575/isema.v7i1.17643
Sediono, M., & Kusumadewi, S. (2022). Analisis User Acceptance Pada Aplikasi Layanan Kesehatan Online di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(1), 203–218. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1463
Setiawati, E., Lipoeto, N. I., Syafrita, Y., & Bachtiar, A. (2023). Design and Evaluation of Stroke Prevention Based Android System Using User Experience Questionnaire (Ueq) for Elderly Caregivers At Nursing Home. International Journal on Technical and Physical Problems of Engineering, 15(2), 181–187.
Sirait, W., Amuharnis, & Sari, S. A. (2024). Sistem Informasi Penjadwalan Terapi Klinik Berbasis Website dengan Notifikasi SMS Gateway dan Media Sosial. 2(1), 22-30. https://doi.org/https://doi.org/10.69916/comtechno.v2i1.135
Sugiharto, P. K., Wijoyo, S. H., & Saputra, M. C. (2023). Evaluasi User Experience Aplikasi “J-KOPI (Jember Kota Pintar)” Menggunakan Metode Survei Dengan User Experience Questionnaire Dan User Interview. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10(6), 1389–1400. https://doi.org/10.25126/jtiik.1067430
Trisnawati, D., Samiasih, A., & Armiyati, Y. (2024). Intervensi Konseling dan SMS Reminderuntuk Meningkatkan Kepatuhan Pengobatan PasienTuberkulosis Paru. 15(5), 39–44.
Umar, R., Ifani, A. Z., Ammatulloh, F. I., & Anggriani, M. (2021). Analisis Sistem Informasi Web Lsp Uad Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq). METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, 4(2), 173–178. https://doi.org/10.46880/jmika.vol4no2.pp173-178
Utama, A. H., Siswanto, S., & Rohmawan, E. P. (2021). Aplikasi Reminder Pengobatan Pasien Penyakit Diabetes Berbasis SMS Gateway Di Puskesmas Kampung Bali Kota Bengkulu. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 6(1), 50–55. https://doi.org/10.54367/means.v6i1.1230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septya Novena Elwana Putri, Firdaus, Made Davendracana Andarawata Mpuhaji, I Made Agus Oka Gunawan, Gede Indrawan, Ita Fitriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.