Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Perakitan Laptop untuk Meningkatkan Keterampilan Teknis dan Kompetensi Siswa SMK

Authors

  • Wahyudin Wahyudin Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Taman Siswa Bima
  • Ita Fitriati Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Taman Siswa Bima
  • Ilyas Ilyas Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.797

Keywords:

Keterampilan Teknis, Kompetensi Siswa, Media Pembelajaran, Siswa SMK, Trainer Perakitan Laptop

Abstract

Pesatnya Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada dunia pendidikan. Pada lingkungan sekolah, baik Guru dan Siswa SMK harus memiliki keterampilan teknis serta kompetensi yang dapat dijadikan sebagai modal dalam menghadapi dunia kerja dan dunia Industri. Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang bisa merangsang pikiran, pengetahuan dan keterampilan siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan media alat latih (Trainer). Untuk menunjang tercapainya proses pembelajaran secara maksimal maka dibutuhkan sebuah Trainer sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan teknis serta kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Trainer (Alat Latih) yang layak, efektif dan praktis untuk diterapkan di SMK sehingga dapat mengukur ketercapaian pembelajaran, peningkatan keterampilan teknis siswa dari implementasi produk Trainer. Penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan mengadopsi model ADDIE dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Hasil produk telah melewati validasi  media dan materi, berdasarkan hasil penilaian dari 4 validator ahli media didapat hasil dengan rerata persentase 94,12 %, Sedangkan penilaian 3 ahli materi didapat hasil dengan rerata persentase 87,62 %. Semua validator menyatakan bahwa media Trainer (Alat latih) Perakitan Laptop sangat Layak untuk digunakan. Kemudian Implementasi Produk mengukur keterampilan teknis dengan perolehan nilai 80,45. Sedangkan respon siswa terhadap media mendapatkan nilai rata-rata 91,89% yaitu sangat praktis untuk digunakan.

References

Adilah, N., Riyadi, S., & Suwardi, S. (2024). The Effectiveness Of Contextual Teaching And Learning Models In Improving Student Learning Outcomes In Junior High Schools. Journal of Social and Economics Research, 6, 1811–1822. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.566

An, D., Ye, C., & Liu, S. (2024). The influence of metacognition on learning engagement the mediating effect of learning strategy and learning behavior. Current Psychology, 1–13. https://doi.org/10.1007/s12144-024-06400-y

Arianto, A. (2020). Pengembangan Trainer Programmable Logic Control (PLC) Berbasis Microcontroller untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 105–110.

Asiah, A., Sanusi, A., Hanafiah, & Mulyanto, A. (2022). Implementation of the Partnership for SMKN 1 Cihampelas with the Industrial World (DUDI) to improve the competence of graduates. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i4.88

Biomi, A., Kusuma, M., & Kilimandu, B. (2024). Limitation the use of Laptops when Online Learning Reduce the Eye Fatique of Private Junior High School Students in Denpasar. International Journal of Natural and Health Sciences, 2, 67–72. https://doi.org/10.59890/ijnhs.v2i1.1173

Ekawati, R., Permata, E., Fatkhurrohman, M., Irwanto, I., & Afridah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Teknik Digital berbasis Cooperative Learning Approach. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(2), 180–193. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i2.7486

Erda, G., & Khurniawan, A. (2021). Potret Tenaga Kerja Lulusan Smk Pada Industri Manufaktur. 1, 1–15.

Fitriati, I. (2024). Perancangan Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis Android Untuk Anak Tunagrahita Di SLBN 1 Bima Menggunakan MIT App Inventor. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 478–488. https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.461

Fitriati, I., Fitrianingsih, N., & Wardi, L. (2023). Perancangan Aplikasi Presensi berbasis QR Code untuk Efisiensi Manajemen Kehadiran Siswa MAN 1 Bima Abstrak. 3(2). https://doi.org/10.37905/inverted.v3i2.20919

Irwanto, I. (2021). Link And Match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 549–562. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.714

Jatmiko, A. (2023). Competency of Science Vocational Teachers in the Industrial Revolution 4.0 Era. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9, 11592–11602. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5698

Juwita, R., Erita, S., & Gunawan, R. (2023). Elevating Learning Independence: Contextual Teaching and Learning Through Media Development Video Tutorials. JDIME : Journal of Development and Innovation in Mathematics Education, 1, 51–61. https://doi.org/10.32939/jdime.v1i2.2608

Mainofriwita, & Hadiyanto, H. (2021). The Effect of Media Literacy and Cognitive Ability on Recognition Laptop-Based Media for Children. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15, 361–378. https://doi.org/10.21009/JPUD.152.09

Maknun, J., & Herman, N. (2024). Developing Critical Thinking Skills in Vocational High School Students through the Application of Physics Project Team Learning Model Integrated with Vocational-Based Worksheets. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18, e05188. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-042

Nur, H., & Sidik, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroler Pada Jurursan Teknik Elektronika SMK Negeri di Makassar. UNM Journal of Technology and Vocational, 151–162.

Osman, S. (2020). The Effect of Augmented Reality Application toward Student’s Learning Performance in PC Assembly. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9, 401–407. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/5791.42020

Santyadiputra, G. S., & Kustono, D. (2023). An Analysis of Cybersecurity Subject and Vilanets Learning Media Towards Vocational School Students’ Digital Skills. Letters in Information Technology Education (LITE), 6, 16. https://doi.org/10.17977/um010v6i12023p16-21

Septiani, N., & Asih, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 107–126. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1746

Wahyudin, W., & Hardiansyah, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Trainer (Alat Latih) Perakitan Laptop Di SMK Negeri 2 Makassar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1578

Yanti, N., & Soenarto, S. (2021). A Need Analysis in Developing Tutorial Video to Improve Computer Assembling Skills of TKJ Students in Vocational High Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1737. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:234111551

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Wahyudin, W., Fitriati, I., & Ilyas, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Perakitan Laptop untuk Meningkatkan Keterampilan Teknis dan Kompetensi Siswa SMK. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(3), 937–947. https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.797

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)