Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Informatika
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.551Keywords:
Model Problem Based Learning, Multimedia Interaktif Berbasis Android, PengembanganAbstract
Penggunaan teknologi multimedia dapat memperkaya proses pembelajaran dengan menyajikan konten yang visual, interaktif, dan menarik bagi siswa. Melalui multimedia interaktif, Pelajaran informatika dapat disajikan secara lebih interaktif dan memungkinkan siswa untuk secara aktif terlibat dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan model Problem Based Learning pada mata pelajaran informatika Kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan angket (kuosioner). Hasil dari penelitian ini mendapatkan hasil sangat layak karena mendapatkan rata-rata 92,5% dari ahli materi dan 92,3% dari ahli media. Sedangkan respon siswa dilakukan pada uji coba perorangan memperoleh persentase 93,7%, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94,8%, dan kelompok besar memperoleh persentase 92,6%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis Android dengan menerapkan model Problem Based Learning pada pelajaran Informatika kelas X sangat layak digunakan sebagai multimedia dalam kegiatan pembelajaran.
References
Anggraeni, D. R., Elmunsyah, H., & Handayani, A. N. (2019). Pengembangan modul pembelajaran Fuzzy pada mata kuliah sistem cerdas untuk mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang. TEKNO Jurnal Teknologi, Elektro, dan Kejuruan, 29(1), 26-40.
Astuti, D. P., Nuraini, N. L. S., & Roebyanto, G. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 653-659. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p653-659
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan media video pembelajaran dengan model addie pada materi teknik dasar tendangan pencak silat kelas vii smp negeri 4 sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12-18.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.
Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 8(2), 57-64.
Kemdikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kurniawati, D., & Afdina, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 60-66.
Munir. (2012) Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan (Cet. 1). Bandung: Alfabeta.
Pradana, I. B. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi cahaya. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7 (1), 26-32.
Russell, D. (2020). Storyboarding Essentials: How to Translate Your Story to the Screen for Film, TV, and Other Media.
Sari, Y. P., & Ali, R. (2019). Implementasi Sistem Pelaporan Sarana Dan Prasarana Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Android (Studi Kasus: Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya). Jurnal Informatika, 19(1), 47-53.
Seabra, C., & Almeida, A. M. (2015). Project Management on Multimedia Projects: Preliminary Results on Communication, Interaction and Team Work Dynamics. Procedia Computer Science, 64, 816– 823. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.08.633
Septian, A., Inayah, S., & Pelani, J. I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Bangun Datar. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 97-107.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Ed ke-10. Bandung: CV Alfabeta.
Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v2.i1.202005
Whittaker, J. A. (2014). Exploratory Software Testing: Tips, Tricks, Tours, and Techniques to Guide Test Design. Addison-Wesley.
Yani, N. K. A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RIL). https://repository.radenintan.ac.id/2500/
Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matenatika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129.
Yusril, Y., Jumardin, M., Hasaniah, D., Anini, S. A., Kontesa, E., Asmawati, N., & Saputra, H. N. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Smart Aplikasi Creator Pada Materi Media Visual. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2 (1), 36-44. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.40
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Luluk Mauli Diana, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Wiwik Melliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.