Model Numbered Head Together Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Video-Aided Numbered Head Together Model to Improve Student Learning Outcomes

Authors

  • Luluk Mauli Diana Manajemen Pendidikan Islam UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.18

Keywords:

hasil belajar, numbered head together, video

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh atau tidaknya model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS (Siswa Kelas VII SMP MTS Al-Azhar Ajung Jember). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari 38 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data untuk hasil belajar dilakukan dengan melaksanakan tes hasil belajar. Uji prasyarat analisis data normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test dan untuk homogenitas menggunakan uji Test of Homogeneity of Variance. Analisis data hipotesis menggunakan Multivariate Analysis of Variances (MANOVA) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model numbered head together berbantuan media video terhadap hasil belajar dengan F hitung 33,72 dengan p-value (0,000). Saran untuk menerapkan model ini pada mata pelajaran lain baik IPS, IPA, atau bahasa. Berdasarkan paparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif numbered head together berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

References

Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Ervina, E., Rosnita, R., & Utami, S. (2018). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1-9.

Ghazali, M. (2013). Penerapan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS (Studi Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sekunyit Praya Lombok Tengah) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/62618/

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p1-9

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Marwati, D. (2014). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik dalam Tema Indahnya Kebersamaan (Skripsi, Universitas Pasundan). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5234

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Diva Press.

Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655

Saputra, H. N., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2016). Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasarwajo. Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya, Program Studi Teknologi Pembelajaran & Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 211-218.

Setiawati, D., Kurniasih, D., & Fitriani, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI. IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 4(2), 33-41. http://dx.doi.org/10.29406/arz.v4i2.672

Silfiana, A., & Djumadi, M. K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Nht Dan Stad Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/43169/

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Diana, L. M. . (2021). Model Numbered Head Together Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Video-Aided Numbered Head Together Model to Improve Student Learning Outcomes. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 50–56. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.18

Issue

Section

Articles