Pengembangan Media Pembelajaran Digital “Bataku” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi

Authors

  • Ari Farida Hanim Universitas Negeri Surabaya
  • Setya Yuwana Pendidikan Seni Budaya Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.234

Keywords:

bataku berbasis android, keterampilan menulis, teks eksplanasi, media pembelajaran digital

Abstract

Penggunaan media pembelajaran digital BATAKU berbasis Android bertujuan untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses dan hasil pengembangan media pembelajaran digital BATAKU berbasis Android guna meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ASSURE. Partisipan dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas VI di SD Negeri Sumput, Kecamatan Sidoarjo. Validasi media yang dilakukan menunjukkan hasil yang tinggi dalam berbagai aspek, yaitu aspek materi (89,09% - sangat valid), aspek penyajian (92,5% - sangat valid), aspek kebahasaan (89,89% - sangat valid), dan aspek kegrafikan (90,09% - sangat valid). Keefektifan media pembelajaran digital BATAKU berbasis Android yang telah dikembangkan dapat dilihat dari perbandingan keterampilan menulis siswa sebelum dan setelah penggunaan media tersebut. Pada awalnya, seluruh 34 siswa memiliki keterampilan menulis di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal), tetapi setelah menggunakan media tersebut, keterampilan menulis mereka mengalami peningkatan yang signifikan dan melebihi KKM. Uji Wilcoxon Signed Ranks menghasilkan nilai P sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Android, termasuk validitas, kepraktisan, dan keefektifan, telah menghasilkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI sekolah dasar.

References

Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.

Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. (2018). Development Of Learning Media Based on Videoscribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(2), 187-194.

Astutik, W. B., & Yuwana, S. (2021). Development of Non-Fiction Text Digital Learning Media in Narrative Writing Skills for Fourth Grade Elementary School Students. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(3), 275-292. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i3.99

Astutik, W. B., Yuwana, S., & Hendratno. (2021b). Development of Non-Fiction Text Digital Learning Media in Narrative Writing Skills for Fourth Grade Elementary School Students. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(3), 275-292. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i3.99.

Fauzi, M. R., Wardhani, D. S., Puspita, R. D., Pratama, D. F., & Septian Rahayu, G. D. (2021). Enhancing Narrative Writing Skills of Elementary School Teacher Education Students through Concentrated Language Encounter (CLE) Model Assisted by Short Film Learning Media. Mimbar Sekolah Dasar, 8(2), 133-148. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v8i2.29464.

Hendratno, H., Yermiandhoko, Y., & Yasin, F. N. (2022). Development of Interactive Story Book for Ecoliteration Learning to Stimulate Reading Interest in Early Grade Students Elementary School. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(1), 11-31. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i1.179.

Lutfia, S., Yuwana, S., & Hendratno. (2021). Pengembangan Media Papan Balik (Flipchart) Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Hambatan Autis Di Sekolah Inklusi. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 126-137.

Munajah, R., Sumantri, M. S., & Yufiarti, Y. (2022). The Use of Digital Storytelling to Improve Students’ Writing Skills. Advances in Mobile Learning Educational Research, 3(1), 579-585. https://doi.org/10.25082/amler.2023.01.006.

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811-1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.

Rahmawati, I., Leksono, I. P., & Harwanto, H. (2020). Pengembangan Game Petualang untuk Pembelajaran Berhitung. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 11-23. http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p011

Rohayati N. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Android. Jurnal LITERASI, 2(1), 65-70.

Saputra, N., Victorynie, I., Rahmi, S., Siregar, S., Komalasari, D., & Syam, S. (2021). The Use of Animated Film Media to Improve the Ability of Writing Short Stories in Elementary School. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3005-3015. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2013

Sofiya, A., Yulianto, B., & Hendratno, H. (2018). The Development of Sparkol Videoscribe Based Internet Learning Media in Improving Writing Skills of Indonesian Language for Elementary School Students. International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 108-111.

Widyastuti, R., & Sari Puspita, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma: Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 95-100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084

Windiyani, T., Boeriswati, E., Mohamad, M., & Sumantri, S. (2019). Development of Scientific-Based Educative Multimedia Games to Improve Indonesian Narrative Writing Skills for Elementary School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(6), 788-795. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i6.1215.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1024-1029.

Yunus, M. M., Zakaria, S., & Suliman, A. (2019). The potential use of social media on Malaysian primary students to improve writing. International Journal of Education and Practice, 7(4), 450-458. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.74.450.458.

Zubaidah, E., Sumardi, H., & Sugiarsih, S. (2019). Star Book Media Development to Improving Story Writing Skills and Caring Character for Grade IV Elementary School Students. International Conference on Meaningful Education, 270-283.

Downloads

Published

2023-07-08

How to Cite

Farida Hanim, A., Yuwana, S., & Hendratno. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital “Bataku” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 268–277. https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.234

Issue

Section

Articles