Implementasi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Tasyah Coffee
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i1.170Keywords:
Customer Relationship Management, Kafe, PenjualanAbstract
Tasya Caffe yang terletak di Kerasaan, Sumatera Utara, yakni sebuah caffe yang menjual produk yang cepat saji seperti pasta, croffle, steak ayam, dimsum, nasi goreng, steak kambing dan lainnya. Tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang sangat menarik dan efektif untuk penjualan dan kwalitas pelayanan pelanggan, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak Cafe dan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Metodologi penelitian ini dapat menarik kesimpulan dengan menggambarkan angka mangenai objek yang diteliti. Aplikasi yang dibangun dalam penelitian ini menggunakan bahasa pemograman PHP dengan database MYSQL. Hasil Implementasi CRM Pada Tasyah Coffee memberikan kemudahan kepada pelanggan mendapatkan informasi tentang produk, layanan, dan loyalty program bagi pelanggan serta memberikan kemudahan bagi pemilik dalam memantau transaksi penjualan secara realtime. Sistem yang diterapkan dapat mempermudah Tasyah Coffee dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, sehingga pelanggan tetap mempercayai pembelian di Tasyah Coffee.
References
Agunta, N., Mulyanto, A., & Suhada, S. (2017). Penerapan Customer Relationship Management ( CRM) Berbasis Web Mobile pada Coffee Toffee. Prosiding Seminar Nasional Teknik Electro (FORTEI 2017), 251-258.
Alvionnita, A. N., Firmansyah, A. U., & Maharani, D. (2021). Implementasi Customer Relationship Management Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Klinik Dinda Berbasis Web. JUTSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 1(1), 71-78. https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i1.1047
Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 76-81. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.16
Galih Pamungkas, I. R. (2015). Implementasi (CRM) Customer Relationship Management Untuk Layanan Tamu Kecamatan Berbah Sleman Yogyakarta. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 3, 178-186. http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2936
Ginting, R. U., Sarumaha, A. O., Sibero, A., & Situmorang, H. (2022). Implementasi Customer Relationship Management Dalam Perancangan Aplikasi Point of Sale (Pos) Berbasis Android. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 79-88. https://doi.org/10.33395/jmp.v11i2.11693
Hijriani, A., & Maulana, F. A. (2019). Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Usaha Mikro Bidang Retail Studi Kasus CV Duta Square Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Sains, Matematika, Informatika Dan Aplikasinya., 5(1), 84-94.
Kurniawan, I., Wahyuddin, A., & Nurhayati, Y. (2016). Implementasi Customer Relationship Management Pada Penjualan di Koperasi Mawar Garawangi. Nuansa Informatika, 10(2), 1-9.
Lestari, D. Y., Kusnandar, I., & Muhafidin, D. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Terhadap Transparansi Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Secara Elektronik Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 180-193.
Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid di Kelas III SDN Sindangsari III. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119-128.
Masrina, A. B., Amin, M., & Putri, P. (2022). Implementasi E-CRM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Di Toko Matrix Celluler Berbasis Web. JUTSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 2(2), 77-84. https://doi.org/10.33330/jutsi.v2i2.1683
Nugraha, I. A., Rosalina, V., & Suherman. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Pada Sistem Informasi Pelayanan Jasa Meteorologi Berbasis Web. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 9(1), 36-44. https://doi.org/10.30656/jsii.v9i1.4390
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71-76.
Rahadi, A., Musadieq, M. Al, & Susilo, H. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Komputer. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 1-8.
Rahayu, E., Kifti, W. M., & Rohminatin, R. (2022). Analisis Implementasi Customer Relationship Management Pada Safira Bakery. Journal of Science and Social Research, 5(1), 37. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i1.812
Rosinta, E., & Hasibuan, D. (2018). Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT. Buana Telekomindo. Jurnal TIMES (Techonology Informatics & Computer System), 8(1), 8-14.
Sitohang, N. (2019). Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus Lavas Kopi Kisaran). Ready Star -2, 2(1), 224-234.
Supriyanto, S., & Setiyawati, N. (2021). Pembangunan Aplikasi Mobile-Customer Relationship Management (M-CRM) Terintegrasi Pada UMKM. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 118-127.
Syakila, R. N., & Ardhoyo, N. A. W. (2021). Penerapan Customer Relationship Management pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 1-10.
Wildyaksanjani, J. P., & Sugiana, D. (2018). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10-23. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.8754
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tantri Maya Leni, Nurwati, Elly Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.