Sistem Portal Pada Extended Reality (XR) Untuk Memperkecil Size Scene Pada Implementasi Metaverse Fakultas Ilmu Komputer
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.783Keywords:
Extended Reality, Metaverse, Spatial.io, Sistem Portal, UnityAbstract
Salah satu tantangan utama dalam pengembangan lingkungan virtual berskala besar seperti Metaverse adalah kinerja sistem yang terbebani oleh scene yang kompleks dan luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah kinerja di lingkungan virtual yang besar dan kompleks dengan menggunakan sistem portal yang memungkinkan pengguna berpindah antar ruang secara cepat tanpa me-render seluruh scene sekaligus. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking serta memanfaatkan teknologi Extended Reality (XR) dan 3D modeling untuk mengembangkan ruang virtual yang menyerupai kampus nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan portal mampu mengurangi ukuran scene dan meningkatkan efisiensi sistem secara signifikan, tanpa mengorbankan kualitas pengalaman pengguna. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa integrasi sistem portal dalam Metaverse mampu meningkatkan performa dan kenyamanan navigasi, serta membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam menciptakan lingkungan virtual yang lebih kompleks dan interaktif, yang dapat diterapkan di berbagai sektor, termasuk pendidikan, pariwisata dan industri.
References
Braud, T., Lee, L. H., Alhilal, A., Fernández, C. B., & Hui, P. (2022). DiOS—An extended reality operating system for the metaverse. IEEE multimedia, 30(2), 70-80. https://doi.org/10.1109/MMUL.2022.3211351
Guan, J. (2022). Extending the metaverse: Exploring generative objects with extended reality environments and adaptive context awareness (Doctoral dissertation, Thesis. OCAD University). http://openresearch.ocadu.ca/id/eprint/3735/1/GUAN_JIE-2022_MFA_DIGF.pdf
Hasan, H. (2022). Pengembangan sistem informasi dokumentasi terpusat pada stmik tidore mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23-30.
Hasanah, J., Miranda, D., & Perdina, S. (2024). Pengembangan Pembelajaran Immersive Virtual Reality Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengenal Rumah Ibadah Agama Hindu. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 489-501. https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.570
Hillmann, C. (2019). Unreal for Mobile and Standalone VR. Unreal for Mobile and Standalone VR, 141–167. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-4360-2
Hutagalung, B. A. (2022). Analisa Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Kompetensi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja (Penelitian Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 201–210.
Karim, A., Bangun, B., Purnama, I., Harahap, S. Z., Irmayani, D., Nasution, M., Haris, M., & Munthe, I. R. (2020). Pengantar teknologi informasi. Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang.
Koo, H. (2021). Training in lung cancer surgery through the metaverse, including extended reality, in the smart operating room of Seoul National University Bundang Hospital, Korea. Journal of Educational Evaluation for Health Professions, 18, 1–4. https://doi.org/10.3352/JEEHP.2021.18.33
Laeeq, K., & Sciences, E. (2022). Metaverse : Why , How and What. February.
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.
Ning, H., Wang, H., Lin, Y., Wang, W., Dhelim, S., Farha, F., Ding, J., & Daneshmand, M. (2021). A Survey on Metaverse: the State-of-the-art, Technologies, Applications, and Challenges. http://arxiv.org/abs/2111.09673
Ost, J., Mannan, F., Thuerey, N., Knodt, J., & Heide, F. (2021). Neural scene graphs for dynamic scenes. In Proceedings of the IEEE/CVF Conference on Computer Vision and Pattern Recognition (pp. 2856-2865).
Patrício, R., Moreira, A. C., & Zurlo, F. (2021). Enhancing design thinking approaches to innovation through gamification. European Journal of Innovation Management, 24(5), 1569–1594.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rosinol, A., Gupta, A., Abate, M., Shi, J., & Carlone, L. (2020). 3D Dynamic Scene Graphs: Actionable Spatial Perception with Places, Objects, and Humans. Robotics: Science and Systems. https://doi.org/10.15607/RSS.2020.XVI.079
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 51-59.
Siricharoen, W. V. (2021). Using empathy mapping in design thinking process for personas discovering. Context-Aware Systems and Applications, and Nature of Computation and Communication: 9th EAI International Conference, ICCASA 2020, and 6th EAI International Conference, ICTCC 2020, Thai Nguyen, Vietnam, November 26–27, 2020, Proceedings 9, 182–191.
Temkin, I., Myaskov, A., Deryabin, S., Konov, I., & Ivannikov, A. (2021). Design of a digital 3D model of transport–technological environment of open-pit mines based on the common use of telemetric and geospatial information. Sensors, 21(18). https://doi.org/10.3390/s21186277
Wamepa, A., Siregar, E., & Sagala, M. K. (2022). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Pendukung Praktikum Mekanika Dan Termodinamika Dasar: Development of Augmented Reality as a Support Media for Basic Mechanics And Thermodynamic Practices. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 8-14. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.38
Wang, J., & Zeng, W. (2019). Research on the realization method of augmented reality based on unity3d. Journal of Robotics, Networking and Artificial Life, 6(3), 195–198. https://doi.org/10.2991/jrnal.k.191203.004
Widyastuti, E. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012052.
Yuniansyah, Y., & Handayani, F. S. (2023). Analisis User Experience Terhadap Ruang Kelas Berbasis Metaverse Menggunakan Spatial. IO. JSR: Jaringan Sistem Informasi Robotik, 7(2), 263–269.
Zhu, P., Xu, J., Wang, Y., & Zhao, C. (2021). Loss of Ift74 leads to slow photoreceptor degeneration and ciliogenesis defects in zebrafish. International Journal of Molecular Sciences, 22(17), 9329.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marzuki Marzuki, Maria Shusanti Febrianti, Dian Resha Agustina, Syarif Hidayatulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.