Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan Sistem Informasi GoMT Menggunakan Model Eucs Di Dinas Kominfo Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.776Keywords:
EUCS, Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi GoMTAbstract
Aplikasi GoMT (Gorontalo Masyarakat Terpadu) merupakan salah satu aplikasi yang di buat oleh Dinas Kominfo Kota Gorontalo untuk memenuhi kebutuhan administrasi masyatakat ditingkat kelurahan, dalam penerapan aplikasi ini masih terdapat error. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kepuasan pengguna dalam pemanfaatan sistem informasi GoMT menggunakan model EUCS. Variabel pada model EUCS yaitu Content (Isi), Accuracy (Keakuratan), Format (Bentuk), Timeliness (Ketepatan Waktu), dan Ease Of Use (Kemudahan Pengguna). Hasil penelitian ini menunjukan kepuasan pengguna aplikasi GoMT yang didapatkan dari masing-masing variabel perhitungan tingkat capaian responden pada aplikasi GoMT ada pada nilai rata-rata 79% yang artinya tingkat kepuasan pengguna masuk pada katerogi cukup. Maka penelitian menunjukan kinerja sistem aplikasi GoMt sudah cukup. Berdasarkan lima hipotesis yang telah diuji, mendapatkan hasil 2 hipotesis lainnya menyatakan pengaruh insignifikan Accuracy (Keakuratan) dan Timeliness (Ketepatan Waktu) dan 3 hipotesis menyatakan pengaruh signifikan yaitu Content (Isi), Ease of Use (Kemudahan Pengguna) dan Format (Bentuk). Walaupun demikian pembuat sistem perlu meningkatkan lagi kualitas sistem informasi GoMT.
References
Astuti, W., & Waluyo, R. (2022). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap aplikasi pedulilindungi menggunakan metode eucs. J. Rekayasa Inf, 11(1), 9-16.
Erlika, F. K. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) UIN Raden Fateh Palembang. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 29-40.
John, W. Creswell. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Machmud, R. (2018). Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Gorontalo: Ideas Publishing.
McKens D.J g. Tordace.W. J (1994). The Relationship
Pujana, G., Pradnyana, I. M. A., & Artha, I. K. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Di SMP Negeri 1 Sukasada. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 12(1), 57-66.
Putra, E. K., Antoni, D., & Akbar, M. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik dalam Perspektif Manajemen di Politeknik Negeri Sriwijaya. Nuansa Informatika, 14(2), 51-62. https://doi.org/10.25134/nuansa.v14i2.3017
Rahmawita, M. T., Riswandi, R., Maita, I., & Zarnelly, Z. (2022). Analisis kepuasan mahasiswa dengan metode EUCS dalam penggunaan siasy fakultas tarbiyah dan keguruan. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 8(2), 201-209. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i2.18487
Septiari, A. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pengguna OVO Dengan Mneggunakan MODEL EUCS. Digital Repository Universitas Jember.
Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Alfabeta Cv.
Yudistira, & Novita. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS). JTSI, 3(2), 178-188. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i2.3059
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rifai Katili, Muchlis Polin, Anisa Fadilah Lakepo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.