Analisis Kesuksesan Pengguna Website E-Learning Menggunakan Model DeLone & McLean
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.683Keywords:
E-Learning, Model DeLone & McLean, WebsiteAbstract
E-learning merupakan sebuah proses belajar dan mengajar, yang memanfaatkan media elektronik, secara khusus yaitu internet, sebagai sistem pembelajarannya. Hasil dari wawancara ke mahasiswa dan dosen, didapatkan adanya kekurangan dalam pemanfaatan e-learning Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kekurangan tersebut diantaranya terkadang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi antara mahasiswa dan dosen melalui e-learning Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Niat subyek dalam menggunakan e-learning Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk mendukung proses perkuliahan sudah baik, namun masih ada beberapa mahasiswa yang tidak pernah mengakses website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan website e-learning dengan menggunakan model kesuksesan DeLone & McLean di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Dalam hal ini peneliti mengevaluasi e-learning Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone & McClean. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan atau kesuksesan dengan model DeLone & McLean. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengumpulan data dari angket dan wawancara. Pada kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan aspek manfaat bersih, responden menunjukkan jawaban puas terhadap website e-learning yang ada di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
References
Ahyan, R. R., Saputra, H. N., & Darman, D. (2022). Development of Web-Based Learning Media as A Chemistry Learning Supplement. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian Dan Riset, 9(3), 219-226. http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i32022p219
Andry, J. F. (2018). Pengukuran Keberhasilan E-Learning dengan Mengadopsi Model Delone & Mclean. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(1), 68-75. https://doi.org/10.21456/vol8iss1pp68-75
Al-Azawei, A., Abdullah, A. A., Mohammed, M. K., & Abod, Z. A. (2023). Predicting Online Learning Success Based on Learners’ Perceptions: The Integration of the Information System Success Model and the Security Triangle Framework. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 24(2), 72–95. https://doi.org/10.19173/irrodl.v24i2.6895
Al-Mamary, Y. H. S. (2019). Measuring information systems success in yemen: Potential of delone and mcleans model. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 793–799.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Alotaibi, R. S., & Alshahrani, S. M. (2022). An extended DeLone and McLean’s model to determine the success factors of e-learning platform. PeerJ Computer Science, 8, 1–26. https://doi.org/10.7717/peerj-cs.876
Angelina, R. J., Hermawan, A., & Suroso, A. I. (2019). Analyzing E-Commerce Success using DeLone and McLean Model. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(2), 156. https://doi.org/10.20473/jisebi.5.2.156-162
Asyifa, N. N. (2021). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akademik mahasiswa (SIAM) Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 10–27.
Ayuni, D., & Mulyana, A. (2019). Applying service quality model as a determinant of success in e-learning: The role of institutional support and outcome value. Review of Integrative Business and Economics Research, 8(1), 145–159.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). model of information systems success: A ten-year updated. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
Efendi, R., & Yulastri, A. (2019). Effectiveness of Collaborative Problem Based Learning Model of Learning Computer Network Courses. 299(Ictvet 2018), 309–312. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.70
Ernawati, M., Hermaliani, E. H., & Sulistyowati, D. N. (2020). Penerapan DeLone and McLean Model untuk Mengukur Kesuksesan Aplikasi Akademik Mahasiswa Berbasis Mobile. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(18), 58–67.
Erwin, E., & Wijaya, A. (2019). Penggunaan Model DELONE Dan MCLEAN Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi GO-JEK Di Palembang. JuSiTik : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 9. https://doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.624
Fadillah, S. A., Chandra, N., Rivatunisa, C., Info, A., & Kunci, K. (2024). Implementasi Agile Scrum Pada Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Kuliner. 4(1), 301–315.
Faisal, Mailani.E, Ananda.L.J, L. S. . (2019). Deskripsi Implementasi Penilaian Autentik Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) Dalam Menjawab Tantangan Abad 21 Di Sekolah Dasar Kota Medan. ESJ (Elementary School Journal), 9(2), 159–169.
Freeze, R. D., Alshare, K. a, Lane, P. L., & Joseph Wen, H. (2010). IS success model in e-learning context based on students’ perceptions. Journal of Information Systems Education, 21(2), 173.
Hudin, J. M., & Riana, D. (2016). Kajian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone & Mclean Pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Accurate Di Kota Sukabumi. Jurnal Sistem Informasi, 12(1), 1. https://doi.org/10.21609/jsi.v12i1.444
Kholifatulloh, H., & Kristiana, T. (2024). Analisa Sistem E-Learning di SMK Menggunakan Metode DeLone and McLean dan UTAUT. Jurnal Teknik Komputer, 10(1), 69–78. https://doi.org/10.31294/jtk.v10i1.19592
Lestariningsih, T., Artono, B., & Afandi, Y. (2020). Evaluasi Implementasi E-learning dengan Metode Hot Fit Model. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 2(1), 22–27. https://doi.org/10.37058/innovatics.v2i1.1342
Mahnun, N. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Dan Pembelajaran Berbasis Online Pada Lembaga Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 29. https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i1.5240
Mulya, B. H., Mutiah, N., & Rusi, I. (2022). Model Kesuksesan E-Learning Menggunakan Is Success Model Delone And Mclean Dan Utaut (Studi Kasus: E-learning Universitas Tanjungpura). Coding Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 10(03), 366–375.
Negara, V. P., & Pratomo, D. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Her Registrasi Igracias Terhadap Kepuasan Pengguna. JAF- Journal of Accounting and Finance, 1(01), 33. https://doi.org/10.25124/jaf.v1i01.903
Nugraheni, D., Saputra, M. C., & Herlambang, A. D. (2017). Analisis Penerimaan dan Kesuksesan Implementasi E-Learning Universitas Brawijaya Pada Aspek Intention To Use , Use , User Satisfaction dan Net Benefits. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(5), 1921–1931.
Ojo, A. I. (2017). Validation of the delone and mclean information systems success model. Healthcare Informatics Research, 23(1), 60–66. https://doi.org/10.4258/hir.2017.23.1.60
Pusparini, N. N., & Sani, A. (2021). Mengukur Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akademik Dengan Model Kesuksesan Delon and Mclean. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 4(2), 149–155. https://doi.org/10.46880/jmika.vol4no2.pp149-155
Putranti, A. D. A. D., Herlambang, A. D., & Saputra, M. C. (2019). Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Layanan E-Learning Berbasis Moodle dengan Menggunakan Expectation – Confirmation Model dan Delone and Mclean ’ s Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 90–99.
Putri, P. R., Faroqi, A., & Safitri, E. M. (2023). Penerapan Model DeLone & McLean dalam Menganalisis Faktor-Faktor Keberhasilan Aplikasi Learning Management System. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 1179–1190. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.951
Raharja, D. R. B., & Rokanta, S. A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Keberhasilan Sistem E-Learning Menggunakan Model Delone Dan Mclean. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 240–246. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12359
Razilu, Z., & Akbar Al Maruf, M. (2022). Efektifitas Penggunaan Elearning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Program Studi PG-PAUD. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 66–75. https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.43
Sabeh, H. N., Husin, M. H., Kee, D. M. H., Baharudin, A. S., & Abdullah, R. (2021). A Systematic Review of the DeLone and McLean Model of Information Systems Success in an E-Learning Context (2010-2020). IEEE Access, 9, 81210–81235. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3084815
Sapty Rahayu, F., Apriliyanto, R., & Sigit Purnomo Wuryo Putro, Y. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1704
Seliana, N., Suroso, A. I., & Yuliati, L. N. (2020). Evaluation of E-Learning Implementation in the University Using Delone and Mclean Success Model. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(2), 345–352. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.02.15
Setyawan, A. E., & Anyan. (2022). Evaluasi Keberhasilan Learning Management System (LMS) STKIP Persada Khatulistiwa Menggunakan Model Delone Dan Mclean. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 336–347.
Sirsat, S. S., & Sirsat, M. S. (2016). A Validation of The Delone And Mclean Model On The Educational Information System Of The Maharashtra State (India). International Journal of Education and Learning Systems, 1(January), 9–18. http://iaras.org/iaras/journals/ijels
Tajuddin, M. (2015). Modification of Delon and McLean model in the success of information system for good university governance. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 113–123.
Tam, C., & Oliveira, T. (2016). Performance impact of mobile banking: using the task-technology fit (TTF) approach. International Journal of Bank Marketing, 34(4), 434–457. https://doi.org/10.1108/IJBM-11-2014-0169
Trihandayani, L. H., Aknuranda, I., & Mursityo, Y. T. (2018). Penerapan Model Kesuksesan Delone dan Mclean pada Website Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), 7074-7082.
Utomo, A. P., Mariana, N., Sri, R., Rejeki, A., Lomba, J. T., No, J., & Mugas, S. (2018). Model Evaluasi Integrasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-learning Universitas. Ikraith Informatika, 2(1), 94–101.
Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean Pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing (GOODWILL), 12(1), 1–15.
Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisa Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Kano. Jurnal Sistem Dan Informatika, 12(1), 128–138.
Yakubu, M. ., & Dasuki, S. . (2018). Asessing E L Earning S Ystems S Uccess in N Igeria : an Aplication of the DeLone and McLean I nformation Systems Success M Odel. Journal of Information Thecnology Education: Research, 17, 182–202.
Yel, M. B., Sfenrianto, S., & Anugrah, R. D. (2020). Using DeLone and McLean model for evaluating an e-commerce website. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 725(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/725/1/012108
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmat Pambudi, Berlilana Berlilana, Giat Karyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.