Kelayakan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Ilmu Sharaf Berbasis Artiqulate Storyline 3

Authors

  • Ulin Nofiasai Ulin Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Guntur Cahaya Kesuma Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Koderi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Erlina Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.438

Keywords:

Artiqulate Storyline 3, Instrumen Evaluasi Pembelajaran, Kelayakan

Abstract

Instrumen evaluasi pembalajaran ilmu sharaf yang digunakan pada kelas 4 SPM Ulya KMI Pondok Pesantren Modern Nurussalam yaitu tes tertulis dengan soal berbentuk uraian yang dicetak diatas kertas. Hal tersebut menyebabkan adanya biaya percetakan, peluang bagi peserta didik untuk mencontek, dan waktu dalam pengoreksian hasil evaluasi. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti mengembangakan instrumen evaluasi pembelajaran ilmu sharaf berbasis artiqulate storyline 3 agar dapat membantu pendidik dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen evaluasi pembelajaran ilmu sharaf berbasis artiqulate storyline 3. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan yang disebut juga Research dan Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE, namun dalam penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu analize, design, dan development (ADD). Hasil uji kelayakan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 98%, hasil uji kelayakan ahli media memperoleh nilai rata-rata 89%, dan hasil uji kelayakan ahli desain memperoleh nilai rata-rata 96%. Dari ketiga hasil uji kelayakan ahli tersebut memperoleh nilai rata-rata 94%. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa produk instrumen evaluasi pembelajaran ilmu sharaf berbasis artiqulate storyline 3 dikategorikan "sangat layak" untuk diimplementasikan.

References

Abrar, A. I. P. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Kemandirian Belajar (Mardhiah (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 161-170. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357

Arrozi, D. B., Wahyudi, A. N., & Prayoga, A. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Media Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Lompat Jauh Siswa Kelas V. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 44-50. https://doi.org/10.37640/jip.vl3il.954

Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41-47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media pembelajaran Inovatif Dengan Aplikasi Artiqulate Storyline 3. UNP Press.

Fahrurrozi, M., & Rahmawati, S. N. L. (2021). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Profit : Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13090

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur: Sinar Grafika Offset.

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105-124. https://doi.org/10.21831.efisiensi.v17i1.34895

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft PowerPoint Pada Siswa SMP Kelas VIII Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15-19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.215

Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Artiqulate Storyline Berbantu Geogebra Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP. PROXIMAL : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79-87. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2073

Jahring, J., Herlina, H., Nasruddin, N., & Astrinasari, A. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 872-881. https://doi.org/10.24127.ajpm.v11i2.4932

Juita, B. R., Edriati, S., & Junaidi, S. (2023). Pengembangan Video Digital Storytelling Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 12-21. https://doi.org/10.51454/decode.v3i1.73

Kesuma, M., & Sari, R. P. (2020). Pengembangan Modul Sharaf Dengan Pendekatan Dedukatif Di Pondok Modern Madinah Lampung. Studi Arab, 11(1), 27-36. https://doi.org/10.35891/sa.v11i1.1944

Koderi, K., Latifah, S., Fakhri, J., Fauzan, A., & Sari, Y. P. (2020). Developing Electronic Student Worksheet Using 3D Professional Pageflip Based on Scientific Literacy on Sound Wave Material. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012043

Kong, S. C. (2021). Delivery and evaluation of an e-Learning framework through computer-aided analysis of learners’ reflection text in a teacher development course. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 16(28). https://doi.org/10.1186/s41039-021-00172-w

Maesharoh, R. W., & Tijan. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbantu Artiqulate Storyline 3. Cahya Ghani Recovery.

Marista, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah : Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mujahidah, S., Fanirin, H., & Aminulloh, A. (2023). Studi Komparatif Metode “Program Sain” dengan “Program Bisa” dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf Dasar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2513-2521. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13585

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas SiswaSD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Qomariah, R. N. (2019). علم الصرف بين النظرية و التطبيق عند القدماء والمحدثين. Jurnal Al Mi’yar, 2(1). https://doi.org/10.35931/am.v2i1.100

Razilu, Z. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Artiqulate Storyline 3 Di Sekolah Dasar. DECODE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 17-21. https://doi.org/10.51454/decode.vlil.3

Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84-92. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225

Riskiono, S. D., Hamidy, F., & Ulfia, T. (2020). Sistem Informasi Manajemen Dana Donatur Berbasis Web Pada Panti Asuhan Yatim Madani. Journal of Social and Technology for Community Service, 1(1), 21-26. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.670

Safitri, E. (2017). Pembelajaran Sharaf. Pesma An Najah.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya : Jurnal Pendidikan, Agama & Budaya, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tujni, B., & Hutrianto, H. (2020). Pengembangan Perangkat Lunak Monitoring Wellies Dengan Metode Waterfall Model. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 122-130. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i1.862

Utami, Y. S., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran tematik peserta didik kelas V SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(1), 62-71. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.5056

Yusril, Y., Jumardin, M., Hasaniah, D., Anini, S. A., Kontesa, E., Asmawati, N., & Saputra, H. N. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Smart Aplikasi Creator Pada Materi Media Visual. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 36-44. https://doi.org/10.51454/decode.v2il.40

Zamroni, M., Sagala, R., Akmansya, M., Erlina, & Koderi. (2023). Interactive Media Development Of Articulate Storyline Application For Mts Level Arabic Learning. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 42-56. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.2228

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Ulin, U. N., Guntur Cahaya Kesuma, Koderi, & Erlina. (2024). Kelayakan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Ilmu Sharaf Berbasis Artiqulate Storyline 3. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 437–451. https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.438

Issue

Section

Articles