Implementasi Metode Extreme Programming pada Pengembangan Sistem Informasi Bank Sampah Mutiara Timor
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.365Keywords:
Bank Sampah, Extreme Programming, Laporan Keuangan, Mutiara Timor, Sistem InformasiAbstract
Penelitian ini dilakukan didasari pada permasalahan yang dihadapi oleh Bank Sampah Mutiara Timor. Bank sampah menghadapi kendala pada pembukuan akuntansi yang tidak jelas, termasuk kurangnya rekapan tabungan konsumen yang standar. Selain itu, bank sampah belum memiliki wadah digital untuk menyebarkan informasi terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun sistem informasi bank sampah (SIAP Bank Sampah) untuk mengatasi permasalahan pembukuan dengan cara menerapkan sistem akuntansi single entry bookkeeping dan sekaligus sebagai wadah digital dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Sistem informasi ini dikembangkan dengan model pengembangan perangkat lunak Extreme Programming (XP). XP adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang menekankan pada kolaborasi tim, fleksibilitas, dan responsif terhadap perubahan kebutuhan pelanggan. Sistem informasi yang dirancang bangun ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam hal pencatatan akuntansi yang teratur dan kualitas pembukuan yang baik. Keberhasilan sistem ini dapat membuat bank sampah Mutiara Timor menjadi unit bisnis berkelanjutan yang menangani permasalahan ekonomi dan lingkungan di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
References
Ahmad, I., Borman, R. I., Fakhrurozi, J., & Caksana, G. G. (2020). Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android. Jurnal Inovtek Polbeng Seri Informatika, 5(2), 297–307. https://doi.org/10.35314/ISI.V5I2.1654
Ama, K. K. (2022, October 17). Meilsi Anita Mansula, Kepedulian Mengelola Bank Sampah. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/tokoh/2022/09/29/meilsi-anita-mansula-kepedulian-mengelola-bank-sampah
Amaral, M. A. L., Manehat, B. Y., Sinlae, A. A. J., Kaka, F. I., & Efi, M. Y. (2023). IPTEK bagi Masyarakat: Pemberdayaan Bank Sampah Berbasis Teknologi Informasi, Pemasaran dan Akuntansi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(11), 5056–5066. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12411
Aprilawati, I., Salsabila, L., Khaerunnisa, M., Binangkit, P. A. V., Almasantri, R., & Mahatma, M. (2021). Perencanaan Program Bank Sampah oleh Komunitas Pemuda Desa Cibareno Upaya Mewujudkan Lingkungan yang Sehat. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(35), 121–131. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/626
Arifin, M. N., & Siahaan, D. (2020). Structural and Semantic Similarity Measurement of UML Use Case Diagram. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 11(2), 88–100. https://doi.org/10.24843/LKJITI.2020.V11.I02.P03
Arifin, N. Y., Borman, R. I., Ahmad, I., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Hardiansyah, A., & Suri, G. P. (2022). Analisa Perancangan Sistem Informasi (P. T. Cahyono (ed.); 1st ed.). Cendikia Mulia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=LDxZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=ERD+berfungsi+untuk+menggambarkan+hubungan+antar+entitas,+mendefinisikan+entitas+dan+atribut,+dan+basis+dalam+perancangan+sistem+ini.&ots=TunSvRgExg&sig=Cj5IfcWPyojuJo5rqi1s_dyj-c
Atin, S., Mutia, S., Widayanti, A., Yatawa, H. S., Rafdhi, A. A., & Afrianto, I. (2022). Perancangan Sistem Informasi Bank Sampah Berbasis Website. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 7(1), 59–70. https://doi.org/10.36549/IJIS.V7I1.194
Beck, K., & Andres, C. (2004). Extreme Programming Explained, Embrace Change (D. O’Hagan (ed.); 2nd ed). Addison-Wesley.
Dalton, J. (2019). Class, Responsibilities, Collaborators (CRC) Cards. In Great Big Agile (pp. 153–154). Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-4206-3_23
Fatmawati, L., Afuan, L., & Nugroho, A. K. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(5), 175–187. https://doi.org/10.52436/1.JPTI.50
Fitri, A., Anshary, F. M. Al, & Darmawan, I. (2023). Pembangunan Dashboard Operasional pada Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Bank Sampah Bersinar). EProceedings of Engineering, 10(3), 3231–3238. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/20580
Gustiana, Y., Jaman, J. H., & Heryana, N. (2018). Rancang Bangun Perpustakaan Digital Berbasis Document Management System pada Fakultas Ilmu Komputer UNSIKA. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 225–232. https://doi.org/10.30591/JPIT.V3I2.832
Hamza, Z. A., & Hammad, M. (2020). Generating Test Sequences from UML Use Case Diagram: A Case Study. 2020 Second International Sustainability and Resilience Conference: Technology and Innovation in Building Designs(51154), 1–6. https://doi.org/10.1109/IEEECONF51154.2020.9319979
Lim, I. Y., Eba, E., Bere, A. R., Keraf, M. P. S., Paulino, K. K., Fernandez, E., & Nani, P. A. (2023). Sistem Informasi Feeder Data Kependudukan berbasis Mobile. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 30–38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.12306
Manuleus, Y. (2022, April 19). Warning! Sampah di Kota Kupang Capai 218.98 Ton Per Hari. Victory News. https://www.victorynews.id/kupang/pr-3313231570/warning-sampah-di-kota-kupang-capai-21898-ton-per-hari
Mulawarman, A. D., Lutfillah, N. Q., Ramadhani, F. N., & Ananda, M. (2022). Aplikasi Sistem Informasi Bank Sampah: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 5(3), 273–284. https://doi.org/10.33795/JRAAM.V5I3.002
Nedabang, A. (2023, January 3). Kisah Sukses - Kelola Bank Sampah di Kota Kupang, Meilsi Mansula Raup Rp 80 Juta Per Bulan. Pos-Kupang.Com. https://kupang.tribunnews.com/2023/01/03/kisah-sukses-kelola-bank-sampah-di-kota-kupang-meilsi-mansula-raup-rp-80-juta-per-bulan?page=all
Ngaga, E., Mau, S. D. B., & Sinlae, A. A. J. (2022). Mobile Application Inventory Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(4), 2829–2842.
Ningsih, M. S. R., Suryani, A. I., Sinlae, A. A. J., & ... H. (2022). Perancangan Basis Data. Yayasan Kita Menulis, 1, 142.
Oktavia, J., Yulianto, B., Wahyuni, D., Syukaisih, S., & Lusiana, N. (2022). Waste management at Waste Bank Mutiara (The Gade Clean & Gold) Tuah Madani District. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan (ORKES), 1(2), 364–373. https://doi.org/10.56466/orkes/Vol1.Iss2.30
Rahayu, P. C., Simatupang, V. S. U., & Christiani, A. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web Bagi Bank Sampah di Tangerang Selatan. FaST - Jurnal Sains Dan Teknologi (Journal of Science and Technology), 7(1), 65–72. https://doi.org/10.19166/JSTFAST.V7I1.6711
Rahman, S. A., Hashim, W. B., & Yusof, A. (2021). Designing A Use Case Diagram For Developing An Electricity Consumption (EC) System. 2021 International Conference on Computer & Information Sciences (ICCOINS), 282–285. https://doi.org/10.1109/ICCOINS49721.2021.9497156
Ricoida, D. I., Denny, & Solihin. (2019). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: STMIK MDP). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 5(2), 216–225. https://doi.org/10.35957/JATISI.V5I2.147
Samusu. (2021). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 76–86. https://doi.org/10.51454/DECODE.V1I2.39
Saputri, A. Q. A., Salsabilla, D., & Putra, I. G. (2023). Sistem Informasi Bank Sampah E-Resik Berbasis Website di Desa Kentong. In R. Pamungkas, Saifulloh, & Andria (Eds.), Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer) (pp. 7–14). Universitas PGRI Madiun. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/3917
Sari, B. N., & Jaman, J. H. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Mahasiswa (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 5(1), 25–31. https://doi.org/10.30591/JPIT.V5I1.1739
Sari, N. I., Anshary, F. M. Al, & Darmawan, I. (2023). Penerapan Metode Extreme Programming pada Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah Proses Transaksi (Studi Kasus : Bank Sampah Bersinar). EProceedings of Engineering, 10(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/20583/19896
Satya, J. B., Suhery, L., Sinlae, A. A. J., & Uliyatunisa, U. (2021). Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Melalui Sistem Administrasi Kependudukan Menggunakan Metode Extreme Programming. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(2), 87–93. https://doi.org/10.30865/json.v3i2.3592
Syahputri, W. D., Pratama, A., & Pernanda, A. Y. (2022). Perancangan Sistem Informasi Program Kerja Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Web. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.51454/DECODE.V3I1.68
Tapobali, S. (2022, May 11). Sampah Plastik di Kota Kupang Mengkhawatirkan, DLHK Dorong Perda Penggunaan Plastik. Victory News. https://www.victorynews.id/kupang/pr-3313378451/sampah-plastik-di-kota-kupang-mengkhawatirkan-dlhk-dorong-perda-penggunaan-plastik
Usability.gov. (2020). System Usability Scale (SUS). Usability.Gov. https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfry Aristo Jansen Sinlae, Ignatius Pricher A. Samane, Maria Augustin Lopes Amaral, Beatrix Yunarti Manehat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.