Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Di Sekolah Dasar

Android-Based Mobile Learning Development Using Articulate Storyline 3 In Elementary School

Authors

  • Zila Razilu Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.3

Keywords:

articulate storyline 3, mobile learning, pengembangan

Abstract

Observasi awal yang dilakukan di SD Negeri 10 Mandonga ditemukan informasi bahwa guru yang mengajar mata pelajaran komputer belum menggunakan mobile learning. Media yang digunakan adalah media berbasis komputer berupa power point yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi articulate storiline 3 pada mata pelajaran komputer di sekolah dasar kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 10 Mandonga yaitu 20 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. hasil uji validasi oleh ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 81,5% yang berarti terkategori layak. Penilaian dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,36% yang berarti masuk dalam kategori sangat layak digunakan. Penilaian dari 20 orang siswa kelas V SD Negeri 10 Mandonga diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,54% yang berarti masuk dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil uji ini menunjukkan bahwa pengembangan mobile learning menggunakan articulate storyline 3 pada mata pelajaran komputer di SD Negeri 10 Mandonga terkategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Arief, S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati D. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian dan PengembanganPendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Bioeduscience, 2(1), 53-58. https://doi.org/10.29405/j.bes/2153-581334

Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 80-88. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792

Salim., Prajono, R., Nurhayati., Abdin., & Saputra, H. N. (2020). Teacher Behavior Profile in Organization Citizenship Behavior. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(2), 225-241. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i2.754

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wirawan, I. M. A. dan Ratnaya I. G. (2011). Pengembangan Desain Pembelajaran Mobile Learning Management System pada Materi Pengenalan Komponen Jaringan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 314-324.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Razilu, Z. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Di Sekolah Dasar: Android-Based Mobile Learning Development Using Articulate Storyline 3 In Elementary School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.3

Issue

Section

Articles