Design Thinking untuk Analisis Masalah Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia

Authors

  • Muhammad Irfan Luthfi Teknologi Informasi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nisa Dwi Septiyanti Informatika Universitas Muhammadiyah Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.146

Keywords:

covid-19, design thinking, gangguan pembelajaran, inovasi, pembelajaran daring

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak signifikan tehadap kehidupan manusia, baik kesehatan, ekonomi, maupun Pendidikan di dunia. Di Indonesia, pemerintah telah menerapkan berbagai langkah untuk menekan penyebaran virus dengan memberlakukan kebijakan lockdown. Kebijakan tersebut berdampak di segala sektor, tak terkecuali sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mulai memberlakukan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring). Guru sebagai pendidik harus mampu berinovasi untuk kelangsungan proses pembelajaran. Mereka melakukan berbagai hal untuk memastikan siswa dapat menerima dan memahami topik pembelajaran. Namun, pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring ini tidak luput dari masalah. Penelitian ini mencoba menemukan permasalahan tersebut dengan menerapkan metode design thinking. Pendekatan design thinking berfokus pada pemahaman kebutuhan dan perspektif pengguna dalam memecahkan masalah yang mengutamakan empati, kreativitas, dan pembuatan prototipe. Design thinking menawarkan kerangka kerja yang kuat untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21. Siswa dan guru dari berbagai tingkatan terlibat dalam penelitian ini dan mencoba untuk menemukan dan fokus pada masalah dalam pembelajaran daring. Siswa dan guru menemukan solusi untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran daring dengan melakukan peningkatan interaksi antara guru dan siswa.

References

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 298-303.

Baskoro, M. L., & Haq, B. N. (2020). Penerapan Metode Design Thinking Pada Mata Kuliah Desain Pengembangan Produk Pangan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2). 83-93.

Buchanan, R. (1992). Wicked Problems in Design Thinking. Design Issues, 8(2), 5-21. https://doi.org/10.2307/1511637

Dam, R., & Siang, T. (2018). What is Design Thinking and Why Is It So Popular?. Interactive Design Foundation.

Dell’Era, C., Magistretti, S., Cautela, C., Verganti, R., & Zurlo, F. (2020). Four Kinds of Design Thinking: From Ideating to Making, Engaging, and Criticizing. Creativity and Innovation Management, 29(2), 324-344. doi: https://doi.org/10.1111/caim.12353

Foster, M. K. (2021). Design Thinking: A Creative Approach to Problem Solving. Management Teaching Review, 6(2), 123-140. https://doi.org/10.1177/2379298119871468

Goldman, S., & Kabayadondo, Z. (2016). Taking design thinking to school: How the technology of design can transform teachers, learners, and classrooms. Taking design thinking to school, 21-37.

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107-115.

Hussein, A. S. (2018). Metode Design Thinking Untuk Inovasi. Malang: UB Press.

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Li, T., & Zhan, Z. (2022). A Systematic Review on Design Thinking Integrated Learning in K-12 Education. Applied Sciences, 12(16), 8077. https://www.mdpi.com/2076-3417/12/16/8077#

Lund, A. M. (2001). Measuring Usability with The Use Questionnaire12. Usability interface, 8(2), 3-6.

Luthfi, M. I., Wardani R. (2019). Application of Design Thinking in Designing History Instructional Media for High School Students. International Journal of Advanced Science and Technology,28(16), 698-710.

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2006). Investigating The Impact of Learner Characteristics on Blended Learning Among Japanese Students. Proceedings of The International Conference On E-Learning, Icel. (3). 361-370.

Pusca, D., & Northwood, D. O. (2018). Design Thinking and its Application to Problem Solving. Global Journal of Engineering Education, 20(1), 48-53.

Republik Indonesia. (2020) SE No. 2 / 2020 Tentang Pencegahan Penularan Virus Corona (Covid-19). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Republik Indonesia. (2020). SE No. 4 / 2020 Tentang Implementasi Kebijakan Pendidikan Selama Masa Darurat Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salim, S., Jazuli, L. O. A., Nurhayati, N., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-Learning Schoology Pada Guru SMA. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(2), 151-158. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.11722

Saputra, H. N., & Fajriani, A. (2021). Development of Augmented reality-assisted Health Education Posters on Covid-19. Qanun Medika-Medical Journal Faculty of Medicine Muhammadiyah Surabaya, 5(2), 239-250. http://dx.doi.org/10.30651/jqm.v5i2.7378

Von Thienen, J., Meinel, C., & Nicolai, C. (2014). How design thinking tools help to solve wicked problems. Design thinking research: Building innovation eco-systems, 97-102.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Luthfi, M. I., & Septiyanti, N. D. (2023). Design Thinking untuk Analisis Masalah Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 193–204. https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.146

Issue

Section

Articles