Animasi 3D Alur Proses Pembuatan Sabun Transparan Dari Minyak Kelapa Sawit Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle
3D Animation of The Process of Transparent Soap From Palm Oil Using The Multimedia Development Life Cycle Method
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v3i1.134Keywords:
animasi, blender, MDLCAbstract
Animasi merupakan gambar yang bergerak dan memiliki cerita dalam bentuk 2D atau 3D. Animasi 2D menghasilkan video 2 Dimensi, sedangkan animasi 3D mampu menghasilkan vedio dari gambar 3D, sehingga sangat cocok digunakan sebagai media promosi kepada masyarakat dalam penyebaran informasi. Saat ini banyak bermunculan industri rumah tangga yang membuat sabun secara mandiri. Oleh karena itu pembuatan sabun menjadi salah satu matakuliah pada program studi Teknik Pengolahan Kelapa Sawit(TPS). Pemanfaatan animasi dalam simulasi pembuatan sabun, menjadi salah satu solusi media informasi dan pembelajaran bagi masyarakat khususnya mahasiswa TPS dalam pemanfaatan minyak kelapa sawit untuk pembuatan sabun. Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution biasanya digunakan dalam pembuatan Animasi. Pembuatan animasi menggunakan perangkat lunak Blender versi 2.80 dan Adobe Premiere CC 2017. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan animasi 3D pembuatan Sabun. Hasil penelitian berupa Animasi 3D proses pembuatan sabun yang telah dipublis melalui media penyebaran informasi youtube. Hasil respon pengguna 92.40% menyatakan animasi mudah dimengerti, 93.20% menyatakan penggunaan bahasa mudah difahami, 87.14% menyatakan kualitas animasi sangat interaktif, berdasarkan respon pengguna hasil animasi sangat membantu dalam pembuatan sabun secara mandiri.
References
Astuti, R. D., & Mustofa, M. (2021). Implementasi Pemodelan Rapid Application Development Dalam Pembuatan Animasi Pembelajaran Aplikasi Pembelajaran Sistem Tata Surya. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 6(3), 47-56. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1524
Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57-68. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2854
Deslianti, D., & Anugrah, R. (2020). Pembuatan Video 3D Kampus IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan Blender. JUSIBI: Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis, 2(1), 289-297.
Hidayat, S. (2022). Aplikasi Belajar Menghitung Dan. Visualika, 8(1), 40-50.
Hong, L. H., Pernando, Y., & Anton, O. (2022). Design Animation Motion Graphic Sosialisasi K3 (Kesehatan Dan Keselamatan Kerja). 2(1), 63-70.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12
Maryani, E., Janitra, P. A., & Rahmawan, D. (2019). Bias Gender dalam Artikel di Media Lokal. In MACOM III Universitas Padjajaran 2019: Communication & Information Beyond Boundaries.
Pramesti, D. Y., & Arifin, R. W. (2020). Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 109-122. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v1i2.400
Rahayu, N., & Saputra, G. (2021). Pembuatan Animasi 3D Usaha Kecil Menengah (Bengkel). 4307(3), 256-262. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.694
Sambodo, L., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. (2015). Animasi 3 Dimensi Sosialisasi Tsunami Early Warning System Kabupaten Pacitan. 3(2), 48-54.
Sumantri, A., & Rahmani, R. Z. (2020). Analisis Pencemaran Kromium (VI) berdasarkan Kadar Chemical Oxygen Demand (COD) pada Hulu Sungai Citarum di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat 2018. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 19(2), 144-151. https://doi.org/10.14710/jkli.19.2.144-151
Sumendap, I. Y., Tulenan, V., Diane, S., & Paturusi, E. (2019). Pembuatan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Studi Kasus : Tarian Dana Dana Daerah Gorontalo). Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 227-234. https://doi.org/10.35793/jti.14.2.2019.23998
Prihatin, T., & Andharsaputri, R. L. (2021). Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Media Pembelajaran Animasi Interaktif. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(2), 82-89.
Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349-361. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361
Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andri Nofiar, Fina Nasari, Antoni Pribadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.