Optimasi Feature Selection Pada Komentar Media Sosial Terhadap Peralihan Tv Digital Menggunakan Naïve Bayes, Support Vector Machine dan K-Nearest Neighbor

Authors

  • Nova Tri Romadloni Informatika Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Nisa Dwi Septiyanti Informatika Universitas Muhammadiyah Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.121

Keywords:

data mining, k-nearest neighbor, naïve bayes, pearson correlation, support vector machine

Abstract

Dalam menghadapi perubahan pada salah satu media informasi yaitu televisi yang semula menggunakan signal analog beralih menjadi TV dengan signal digital. Hal tersebut disebabkan bahwa siaran dengan transmisi analog rentan terhadap gangguan sehingga peralihan ini sebagai upaya dalam menikmati konten siaran televisi yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya terdapat beberapa kesulitan yang dialami oleh beberapa pihak atau kalangan dengan berbagai alasan. Hal tersebut dapat diketahui melalui platform media sosial seperti twitter dan instagram. Dengan adanya kerjadian tersebut maka dapat diambil beberapa komentar positif dan negatif untuk mengetahui dampak dari peralihan signal digital tersebut. Dalam penelitian ini terdapat 1177 data komentar yang didapatkan sehingga membutuhkan teknologi untuk mendeteksi komentar tersebut positif atau negatif. Pada penelitian ini untuk optimasi komentar berbasis Pearson Correlation dengan menggunakan metode Naïve Bayes, Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (KNN). Hasil akurasi yang didapatkan dari ujicoba tersebut dengan metode Naïve Bayes 61,22%, SVM 80,10 %, dan KNN 79,93%. Jika ditambahan dengan Feature Selection mendapatkan hasil Naïve Bayes 63,68%, SVM 80,19%, dan KNN 80,02%. Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan digunakan untuk mengetahui berapa banyak perbandingan komentar positif dan negatif serta mengetahui perbandingan dari beberapa macam algoritma dengan seleksi fitur sehingga dapat menjadikan hasil yang optimal.

References

Agussetianingsih, B., & Kasim, A. (2021). Peran Desain Kebijakan: Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 167-186.

Gultom, A. D. (2018). Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 16(2), 91-100.

Herianto, H. (2018). Penerapan Text-Mining Untuk Mengidentifikasi Pengguna Twitter Terhadap Fenomena Peran DPR RI. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 8(2), 36-44.

Obilor, E. I., & Amadi, E. C. (2018). Test for significance of Pearson’s correlation coefficient. International Journal of Innovative Mathematics, Statistics & Energy Policies, 6(1), 11-23.

Pattiiha, F. S., & Hendry, H. (2022). Perbandingan Metode K-NN, Naïve Bayes, Decision Tree untuk Analisis Sentimen Tweet Twitter Terkait Opini Terhadap PT PAL Indonesia. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 506-514. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4016

Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya menonton televisi di Indonesia: dari terrestrial hingga digital. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 3(1), 53-67. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21220

Rasidin, M., Witro, D., Yanti, B. Z., Purwaningsih, R. F., & Nurasih, W. (2020). The Role of Government In Preventing The Spread Of Hoax Related The 2019 Elections In Social Media. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 127-137. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.76

Rasidin, M., Witro, D., Yanti, B. Z., Purwaningsih, R. F., & Nurasih, W. (2020b). The Role of Government in Preventing The Spread Of Hoax Related The 2019 Elections In Social Media. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.76

Romadhon, M. R., & Kurniawan, F. (2021). A comparison of naive Bayes methods, logistic regression and KNN for predicting healing of Covid-19 patients in Indonesia. In 2021 3rd east Indonesia conference on computer and information technology (eiconcit), 41-44.

Romadloni, N. T., & Pardede, H. F. (2019). Seleksi Fitur Berbasis Pearson Correlation Untuk Optimasi Opinion Mining Review Pelanggan. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 3(3), 505-510. https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1189

Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd. Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(2), 681-686.

Suryadi, D., Imansyah, F., & Marpaung, J. (2022). Identifikasi Penerimaan Sinyal Antena Digital Untuk Televisi Menggunakan Metode Sinpo. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 1(1), 1-9.

Zuliana, V., Garno, G., & Maulana, I. (2022). Analisis Sentimen Program Migrasi TV Digital Menggunakan Algoritma Naive Bayes dengan Chi Square. Jurnal Informasi dan Komputer, 10(2), 90-95.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Tri Romadloni, N., & Dwi Septiyanti, N. (2023). Optimasi Feature Selection Pada Komentar Media Sosial Terhadap Peralihan Tv Digital Menggunakan Naïve Bayes, Support Vector Machine dan K-Nearest Neighbor. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 151–160. https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.121

Issue

Section

Articles