Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Tafsir Al-Quran Berbasis Mobile Menggunakan Metode HDC (Human Centered Design)

Authors

  • Rifky Nurfauzi Rahman Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri
  • Chairuddin Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.726

Keywords:

Aplikasi, Android, Human Centered Design (HDC), Tafsir Al-Quran

Abstract

Perkembangan teknologi mempermudah akses dan pembacaan Al-Quran beserta tafsirnya melalui aplikasi smartphone. Membaca dan memahami tafsir Al-Quran merupakan ibadah utama bagi umat Muslim. Aplikasi tafsir Al-Quran kini menawarkan teks Arab, terjemahan, dan tafsir dari berbagai sumber, meningkatkan kenyamanan pengguna. Desain pengalaman pengguna (User Experience/UX) dan antarmuka pengguna (User Interface/UI) yang efektif sangat penting untuk keberhasilan aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) untuk merancang aplikasi tafsir Al-Quran berbasis Android, berfokus pada kebutuhan pengguna. Hasil wawancara mengungkapkan kebutuhan fitur seperti tafsir yang mudah dipahami, dukungan bahasa Indonesia dan Inggris, pengingat waktu salat, dan penanda ayat. Prototipe yang dikembangkan diuji kepada pengguna, menghasilkan tanggapan positif terkait kemudahan penggunaan dan pemahaman tafsir. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan akses kapan saja dan di mana saja, terutama bagi mereka yang sibuk dan tidak selalu membawa Al-Quran fisik. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa penerapan HCD berkontribusi pada pengembangan aplikasi religius yang fungsional, mudah digunakan, dan sesuai kebutuhan pengguna.

References

Albadi, Supraha, W., & Indra, H. (2021). Implementasi Seni Baca Irama Al Qur’an (Nagham) Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Rayah Al-Islam, 5(01), 98–112. Https://Doi.Org/10.37274/Rais.V5i1.389

Amalia Raihana, F., Sandhiyadini Rosari, H., & Setiawan, H. (2024). Evaluasi Desain Antarmuka Aplikasi Karya Menggunakan Aturan Theo Mandel. Bst By Iistr, 3(03), 102–113. Https://Doi.Org/10.56741/Bst.V3i03.673

Auliazmi, R., Rudiyanto, G., & Utomo, R. D. W. (2021). Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru Aesthetic Studies Of Visual Interface And User Experience Of The Ruangguru Application. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 4(1), 21-36.

Azziqra, M. Z. (2024). Perancangan Ui/Ux Untuk Aplikasi Al-Quran Menggunakan Metode Hcd (Human Centered Design). Repositor, 6(1), 59–68.

Billah Arifin, Taz, Pramudya Putra Prasetya, B., & Nirwana, A. (2022). Redesain Website Marketplace Yulibu.Com Untuk Meningkatkan User Experience Pengguna Menggunakan Metode Lean Ux. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 3(1), 91-108.

Dani, C., Ariyani, S. W. N., & Dewi, S. A. D. (2024). Perancangan User Interface Dan User Experience Sistem Informasi Inventory Berbasis Website Pada Pt Trimitra Alkabes Mandiri Dengan Metode Five Planes. Jurnal Multidisiplin Saintek, 5, 1–13.

Ernawati, S., & Indriyanti, A. D. (2022). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)(Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(4), 90-102.

Ernawati, S., & Indriyanti, A. D. (2022). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)(Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(4), 90-102.

Firantoko, Y., Tolle, H., & Az-Zahra, H. M. (2019). Perancangan User Experience Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design Untuk Aplikasi Info Calon Anggota Legislatif 2019. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2798-2806.

Jayanti, L. D., & Zulaikha, S. R. (2023). Analisis komponen desain user interface (UI) pada INLISLite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau ditinjau dari konsep Schlatter dan Levinson. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 12(1), 71-84.

Luqmana, M. A. T., Putro, F. W., & Sholik, M. (2023). Desain Dan Implementasi Aplikasi Penghafal Al-Quran Android Di Rumah Tahfidz Rabbunalloh Surabaya. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(2), 84–89. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V5i2.777

Maidatussohiba, E., Novil Maarij, M., Wahyu P, B., Lisnorviona, M. D., & Krisna, K. A. (2023). Redesain Website Ventela Untuk Meningkatkan User Experience Pengguna Menggunakan Lean Ux. Jurnal Ekonomi-Teknik, 1056–1069.

Nawawi, S. C. (2021). Rahasia Ketenangan Jiwa Dalam Al-Qur’an. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 30–46. Https://Doi.Org/10.24090/Maghza.V6i1.4476

Pahlevi, A. S., Ashar, M., Gunawan, A., Iskandar, F., & Malang, U. N. (2019). Designing User Interface Design" Qalifa" Apps With Design Thinking Method Approach: Human Centered Design and Heuristic Evaluation for Ergonomic Efficiency and User Visual Literacy. ISoLEC Proceedings, 299-310.

Prakoso, H. S., & Hartomo, K. D. (2020). Perancangan Antarmuka Sistem Pelaporan Kerusakan Gedung Menggunakan Metode Human Centered Design (Hcd) Berbasis Mobile Dengan Teknologi Hybrid (Studi Kasus : Kampus Notohamidjojo Fti-Uksw). Transformtika, 18(1), 1–12.

Rahmawati, F. A., Hanggara, B. T., & Maghfiroh, I. S. E. (2022). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna pada Aplikasi FOMO menggunakan Metode Usability Testing dan Pendekatan User-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(12), 5746-5754.

Septiara, A., Santoso, N., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan aplikasi Al-Quran untuk membantu hafalan Al-Quran secara mandiri menggunakan metode tikrar. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), 2807-2813.

Wulantari, I. G. P. A. P., Wirdiani, N. K. A., & Buana, P. W. (2021). Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT. X). Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 2(3), 459-470.

Yani, A., Putra, H., Andika, A., Nisa, M. K., & Yunus, E. M. (2021). Studi Perbandingan Fitur-Fitur Aplikasi Al-Quran Digital Karya Greentech Apps Foundation Dan Aplikasi Al-Quran Muslim Media Untuk Mengetahui Perbedaan Kedua Fitur Aplikasi. Jurnal Riset Agama, 1(3), 132–156. Https://Doi.Org/10.15575/Jra.V1i3.15089

Yusril, Y., Jumardin, M., Hasaniah, D., Anini, S. A., Kontesa, E., Asmawati, N., & Saputra, H. N. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Smart Aplikasi Creator Pada Materi Media Visual. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2 (1), 36-44. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.40

Zain Sarnoto, A., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Dian Sari, W., & Ika. (2023). Analisis Penerapan Teknologi Dalam Pembelajaran Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar. Journal On Education, 06(01), 82–92.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Rifky Nurfauzi Rahman, & Chairuddin. (2024). Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Tafsir Al-Quran Berbasis Mobile Menggunakan Metode HDC (Human Centered Design). Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(3), 1101–1111. https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.726

Issue

Section

Articles