Analisis Perspektif Guru Terhadap Penggunaan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Maulid Rahman Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Zila Razilu Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hendra Nelva Saputra Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.585

Keywords:

Analisis, Ilmu Pengetahuan Alam, Perspektif Guru, Video Pembelajaran

Abstract

Pemahaman yang lebih baik tentang perspektif guru terhadap penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat membantu pengembangan strategi pelatihan, pengintegrasian teknologi, dan pengambilan keputusan yang lebih efektif di tingkat sekolah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang respon guru terhadap video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang dideskripsikan adalah respon guru terhadap pemanfaatan video pembelajaran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Objek penelitian ini adalah 3 orang guru di salah satu sekolah dasar di Kota Kendari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang pemanfaatan video dalam pembelajaran IPA. Pengolahan data angket dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan terlihat bahwa guru memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan video pembelajaran pada mata Pelajaran IPA. Secara keseluruhan, video pembelajaran memiliki potensi besar untuk memperkaya pembelajaran IPA dengan menghadirkan eksperimen dan fenomena alam dalam bentuk yang menginspirasi, mengajari, dan menghibur siswa, serta membantu mereka memahami konsep-konsep ilmiah secara lebih baik dan mendalam.

References

Anggraini, W., & Hudiono, B. (2015). Pemberian Umpan Balik (Feedback) Terhadap Hasil Belajar Dan Self-Efficacy Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9), 1-13.

Apriliani, F., Erlina, E., Melati, H. A., Sartika, R. P., & Lestari, I. (2022). Pengembangan Video Gaya Antarmolekul Berbasis Multipel Representasi Untuk Mengatasi Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(4), 790-802.

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329-335.

Danish, J. A., Johnson, H., Nicholas, C., Cross Francis, D., Hmelo-Silver, C. E., Park Rogers, M., Askew, R., Gerber, A., & Enyedy, N. (2021). Situating Video As Context For Teacher Learning. Learning, Culture And Social Interaction, 30(PA), 100542. Https://Doi.Org/10.1016/J.Lcsi.2021.100542

Diana, L. M. (2021). Model Numbered Head Together Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 50-56. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.18

Elma, E., Saputra, H. N., & Ilcham, I. (2024). Development Of Video Learning Materials On Animal And Human Muscular Organs. Progres Pendidikan, 5(1), 51-57. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i1.456

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.

Hidayath, A., Razilu, Z., & Saputra, H. N. (2024). Pengembangan Company Profile Berbasis Video Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Kendari. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 108-117.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63-73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119-125. http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Nugroho, T. A. T. (2015). Pengaruh media video pembelajaran terhadap keterampilan proses dan hasil belajar ipa di kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Basic Education, 4(6), 1-13.

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 30-40.

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73-79. http://dx.doi.org/10.17977/um009v28i22019p073

Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2795-2800. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.744

Seruni, S., & Hikmah, N. (2015). Pemberian umpan balik dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 227-236. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.158

Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian umpan balik guru terhadap hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Assessment, 2(2), 56-65.

Wahyudi, D., & Sari, A. (2016). Penggunaan Media, Variasi, dan Umpan Balik dalam Proses Pembelajaran untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 1(2), 86-95.

Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembagan Video Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187-195. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153-160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Maulid Rahman, Zila Razilu, & Saputra, H. N. (2024). Analisis Perspektif Guru Terhadap Penggunaan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 375–380. https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.585

Issue

Section

Articles