Pengembangan Pembelajaran Immersive Virtual Reality Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengenal Rumah Ibadah Agama Hindu
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.570Keywords:
Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Virtual RealityAbstract
Pembelajaran anak usia dini perlu adanya media penunjang yang berguna untuk memudahkan anak memahami sebuah pelajaran. Pemanfaatan teknologi diterapkan pada pembelajaran anak usia dini untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Virtual reality adalah salah satu pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Virtual reality yang dapat dijadikan sebagai media pengenalan rumah ibadah agama Hindu bagi anak usia dini serta untuk mengetahui keefektifan produk yang dihasilkan. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Karya Yosef Kota Pontianak. Metode yang digunakan adalah Research and development dengan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa virtual reality yang digunakan untuk pengenalan rumah ibadah agama Hindu pada anak usia dini mendapatkan nilai rata-rata 4,7 dikategorikan sangat layak berdasarkan semua aspek yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah di uji coba kepraktisan pada pengguna guru dan keefektifan produk pada anak usia dini. Berdasarkan data penelitian tersebut pengembangan virtual reality layak atau efektif digunakan untuk pengenalan rumah ibadah agama Hindu pada anak usia dini.
References
Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Educational Technologia, 2(1), 35-44.
Adnyana, G. S., Darmawiguna, I., & Putrama, I. (2020). Pengembangan Virtual Reality untuk Digitalisasi Pura Penataran Agung Bagian Mandala 4 di Pura Besakih. International Journal of Natural Sciences and Engineering, 4(1), 1–10.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Darman, D., & Hasnawati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Berorientasi Model Drills and Pratice. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.1
Hendrayana, D., Rahmah, N. A., & Ariatama, A. (n.d.). 71 Studi Literatur: Penggunaan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran dan Uji Kompetensi untuk Industri Perfilman. https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2i.158
Kamińska, D., Sapiński, T., Wiak, S., Tikk, T., Haamer, R. E., Avots, E., Helmi, A., Ozcinar, C., & Anbarjafari, G. (2019). Virtual reality and its applications in education: Survey. Information (Switzerland), 10(10). https://doi.org/10.3390/info10100318
Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(1), 83-95. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215
Noer Safitri, R., & Darsinah, D. (2023). Strategi Guru dalam Membangun Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70-79. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.289
Nurbaiti, U. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 12, 21-29.
Pramesti, A. A., Sitompul, R. P., & Sopiya, N. (2022). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Virtual Reality (Vr) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(2), 105-117.
Priadi, B. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.
Putri, D. A. P. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156-164. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i3.2230
Rachman, A. N., Adi, M., Anshary, K., & Hakim, I. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan. CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci, 5(2), 204-209.
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. https://osf.io/preprints/acxe2/
Rueda, J., & Lara, F. (2020). Virtual Reality and Empathy Enhancement: Ethical Aspects. Frontiers in Robotics and AI, 7. https://doi.org/10.3389/frobt.2020.506984
Shofiul, M. (2018). Konsep teori media pembelajaran inovatif. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/1649/1/shofiul%20mifullah.pdf
Suradarma, I. B. (2019). Pendidikan Agama Hindu Sebagai Landasan Pendidikan Moral dan Etika. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 16-36. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1731
Sukono, S. (2018). Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kompetensi guru. Seminar Nasional IKA: Universitas Negeri Yogyakarta, 58-64.
Kurdi, M. S. (2021). Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 60-85. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i4.1317
Saurik, H. T. T., Purwanto, D. D., & Hadikusuma, J. I. (2019). Teknologi Virtual Reality Untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 71-76.
Watra, I. W. (2020). Agama-agama Dalam Pancasila di Indonesia (Perspektif Filsafat agama): UNHI Press.
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yusril, Y., Jumardin, M., Hasaniah, D., Anini, S. A., Kontesa, E., Asmawati, N., & Saputra, H. N. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Smart Aplikasi Creator Pada Materi Media Visual. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 36-44. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.40
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jumiratul Hasanah, Dian Miranda, Siska Perdina, Lukmanulhakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.