Efektivitas Facebook Sebagai Media Marketing Menggunakan Konsep Advertising Balance Scorecard (ABSC)
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.563Keywords:
Iklan, Facebook, Media Marketing, Sosial MediaAbstract
Sosial media memiliki peran yang unik dalam mendukung strategi pemasaran. Salah satu platform sosial yang sangat populer untuk mendukung upaya pemasaran adalah Facebook. Kehadiran Facebook Ads telah mendorong banyak perusahaan untuk mengalokasikan sebagian besar anggaran pemasaran mereka untuk beriklan di platform tersebut. Dengan potensi terus berkembangnya pemasangan iklan di Facebook, baik melalui model iklan sederhana maupun melalui opsi canggih seperti Facebook Ads, penting untuk memahami seberapa efektif platform ini bagi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Facebook sebagai media marketing menggunakan konseo ABSC. Studi ini menggunakan pendekatan survei. Partisipasi penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan Advertising Balance Scorecard (ABSC) sebagai alat untuk mengukur efektivitas iklan di Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai efektivitas iklan sebesar 4,31, reliabilitas Facebook sebagai platform pemasaran mencapai 4,38. Hal ini menegaskan bahwa Facebook efektif digunakan sebagai sarana pemasaran, terutama dalam konteks memasarkan produk fashion. Disarankan penelitian lebih lanjut pada platform media sosial lainnya, serta membandingkan efektivitas pemasaran melalui berbagai platform.
References
Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press.
Aprinta, G. (2016). Pemanfaatan Facebook Ads Untuk meningkatkan Brand Awareness pada Produk Lokal. Jurnal The Messenger, 8(1), 68-72. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.310
Brown, A., & Davis, C. (2019). The Impact of Ad Frequency on Facebook Ad Performance. Journal of Marketing Research, 57(4), 615–631. doi:https://doi.org/10.1177/0022243720917341
Bulan, S., & Rohmadani, Z. V. (2022). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Intensi Penggunaan Media Sosial Tiktok pada Remaja Di Yogyakarta. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 59-65. doi:http://dx.doi.org/10.51454/decode.v2i2.4
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice." Pearson UK. Pearson UK.
Facebook. (2020). Company Info. Retrieved from Facebook Newsroom: https://about.fb.com/news/
Facebook for Business. (2023). Facebook Advertising Guide. Retrieved from https://www.facebook.com/business/ads
Jones, E., & Lee, S. (2018). The Effectiveness of Different Types of Facebook Ads. Journal of Advertising Research, 58(2), 185-197. doi:https://doi.org/10.2501/jar-2018-028
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System. Harvard Business Review, 74(1), 75–85.
Leni, T. M., Nurwati, & Rahayu, E. (2024). Implementasi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Tasyah Coffee. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 1-8. doi:http://dx.doi.org/10.51454/decode.v4i1.170
Lestari, D. A., & Pratama, R. (2019). The Influence of Facebook Advertisement on Brand Awareness and Purchase Intention: A Study of Millennial Generation in Indonesia. International Journal of Business and Management Invention. 8(3), 01-09.
Pirman, A., Hanifa, A., & Triyono, G. (2024). Implementasi Algoritma Apriori Pada Penjualan Makanan Ringan dan Minuman Kesehatan. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 204-215. doi:http://dx.doi.org/10.51454/decode.v4i1.244
Putra, A. M. (2021). Penggunaan Media Sosial Facebook, Twitter Dan Youtube Untuk Membangun Consumer Brand Relationship Oleh Merek-Merek Di Indonesia. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 8(1), 37-49. doi:http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb
Romadloni, N. T., & Septiyanti, N. D. (2023). Optimasi Feature Selectionpada Komentar Media Sosial Terhadap Peralihan Tv Digital Menggunakan Naïve Bayes, Support Vector Machinedan K-Nearest Neighbor. DECODE: JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI, 3(2), 151-160. doi:http://dx.doi.org/10.51454/decode.v3i2.121
Santoso, L. B., & Wijaya, S. (2020). Evaluating Effectiveness of Facebook Advertising in Indonesia: Case Study of Facebook Users in Jakarta. Proceedings of the 2020 2nd International Conference on Culture, Education, and Economic Development of Modern Society (CEEDMS 2020).
Sharma, A., & Upadhyay, P. (2017). Social Media Marketing. International Journal of Research in Management, Science & Technology, 5(1), 55-59.
Smith, J. (2019). Targeting on Facebook: A Review of Current Research and Future Directions. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 1–14. doi:https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1554925
Smith, J., & Jones, E. (2018). Applying the Advertising Balanced Scorecard to Measure Social Media Advertising Effectiveness. Journal of Marketing Research, 55(3), 398–412. doi:https://doi.org/10.1177/0022243718754912
Smith, P. R., & Zook, Z. (2011). Marketing Communications: Integrating Offline and Online with Social Media. Kogan Page Publishers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.
Westermann, D., Braunsberger, K., & Fulton, G. (2017). The Advertising Balanced Scorecard: A Framework for Quantitative and Qualitative Evaluation of Online Advertising Campaigns. International Journal of Advertising, 36(2), 258-278. doi:https://doi.org/10.10
Zahay, D., & Griffin, A. (2010). Balanced Scorecards for Strategic Marketing: Theories and Practices. Business Horizons, 53(1), 59–69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lestari Retnawati, Nia Saurina, Firman Hadi Sukma Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.