Pembelajaran Daring Menggunakan Media Youtube untuk Meningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia pada Mahasiswa

Authors

  • Sakrim Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.562

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Mahasiswa, YouTube

Abstract

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan salah satu kewajiban bagi semua mahasiswa di berbagai program studi, termasuk mahasiswa olahraga. Selain fokus pada aspek olahraga, mahasiswa olahraga juga dituntut untuk menguasai Bahasa Indonesia melalui perkuliahan yang mereka ikuti. Keberhasilan dalam mata kuliah ini menjadi prasyarat untuk lulus. Berbagai metode pembelajaran diterapkan, termasuk pembelajaran daring melalui platform seperti YouTube, memudahkan mahasiswa untuk mengakses materi. Namun, dampak pembelajaran Bahasa Indonesia melalui YouTube terhadap mahasiswa olahraga di STKIP PGRI Bangkalan belum diketahui. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan YouTube terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 30 mahasiswa olahraga STKIP PGRI Bangkalan menggunakan desain pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan YouTube terhadap hasil belajar mahasiswa, dengan nilai P < 0,05. Hal ini menunjukkan pentingnya pendekatan ini dalam meningkatkan pemahaman Bahasa Indonesia mahasiswa olahraga. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi dampak media pembelajaran ini pada setiap materi atau keterampilan yang diharapkan dari mahasiswa dalam mata kuliah Bahasa Indonesia.

References

Caleb Tel, O., Omotayo, T., Caleb, O., Ruth, M., & Yunusa, A. (2020). Utilization of YouTube Videos for Instructional Purposes: Perception and Attitude of Lecturers in Niger State College of Education, Minna Corresponding author: * Falode. In Int. J. Educational & Research (Vol. 03, Issue 09).

Chhachhar, A. R., Chachar, A. A., & Arbab, N. F. (2022). Usage of YouTube for Academic Purpose Among University Students in Time of COVID-19. International Journal of Media and Information Literacy, 7(1), 38–47. https://doi.org/10.13187/ijmil.2022.1.38

Darman, & Hasnawati. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Berorientasi Model Drills and Pratice. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.1

Fadhil Abbas, N., & Ali Qassim, T. (2020). Investigating the Effectiveness of YouTube as a Learning Tool among EFL Students at Baghdad University. Arab World English Journal, 6, 344–356. https://doi.org/10.24093/awej/call6.23

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57-63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Ibrahim, N., Yanti, P. G., Ramadhani, A., Sulistyawati, Rr., & Amalia, N. (2023). Effectiveness of Using Multimedia Tutorials on YouTube on the Ability to Write Scientific Articles. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(1), 250. https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.4554

Limbong, M., Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27-35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

M. Nur Hakim, Bakri, M., & Harsia. (2022). Pengaruh Media Youtube, Motivasi, Dan Literasi Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Ilmiah. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 328–337. https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.220

Maziriri, E. T., Gapa, P., & Chuchu, T. (2020). Student perceptions towards the use of youtube as an educational tool for learning and tutorials. International Journal of Instruction, 13(2), 119–138. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1329a

Moghavvemi, S., Sulaiman, A., Jaafar, N. I., & Kasem, N. (2018). Social media as a complementary learning tool for teaching and learning: The case of youtube. International Journal of Management Education, 16(1), 37–42. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.001

Nacak, A., Bağlama, B., & Demir, B. (2020). Teacher candidate views on the use of youtube for educational purposes. Online Journal of Communication and Media Technologies, 10(2). https://doi.org/10.29333/ojcmt/7827

Nugroho, M. W. (2022). Perspektif Mahasiswa Terhadap Literasi Digital Di Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal LITERASI, 6(1), 26–35.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282–289.

Rahmatullah, E., Sam, A., & Surya Jagat, L. (2022). The Effect of Youtube Media on the Explanation Text Writing Skills of Class XI Students at SMK Qamarul Huda Bagu. TITAI EDUKASI, 5(1), 126–131.

Sakrim. (2023a). Model Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi: Literatur Review. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 2548–6950.

Sakrim. (2023b). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Menulis Karangan Persuasi Pada Matakuliah Keterampilan Menulis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2548–6950.

Samusu. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Media Pembelajaran Komputer Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.4

Silitonga, I. D. B., & Hasibuan, A. (2021). The Effect of Using Youtube As A Learning Media On The Procedure Text Writing Skills Of Class Vii Students Of Rk Deli Murni SMP Bandar Baru. Jurnal Pendidikan, 4(1), 64–70.

Svobodová, L. (2016). Utilization and Benefits of YouTube for the Educational Purposes: a Review Study. European Conference on E-Learning; Kidmore End, 789–793.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi). Unri Press. https://www.researchgate.net/publication/354697863

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. INTELIGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7.

Yusril, Y., Jumardin, M., Hasaniah, D., Anini, S. A., Kontesa, E., Asmawati, N., & Saputra, H. N. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Smart Aplikasi Creator Pada Materi Media Visual. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 36-44. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.40

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Sakrim. (2024). Pembelajaran Daring Menggunakan Media Youtube untuk Meningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia pada Mahasiswa. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 547–553. https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.562

Issue

Section

Articles