Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Media Pembelajaran Komputer Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna
Improvement Of Learning Outcomes with Learning Media Computer Physics Class X SMA Negeri 1 Napabalano Muna District
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.4Keywords:
fisika, hasil belajar, media pembelajaran komputerAbstract
Tujuan penelitiaan ini adalah pengaruh penggunaan media ajar dapat meningkatkan hasil belajar fisika kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Penelitiaan dilaksanakan pada bulan oktober s/d Desember 2020 di SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa pengaruh penerapan media pembelajaran komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Napabalano Kabupaten Muna yaitu penggunaan media ajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Napabalano. Artinya jika skor penggunaan media ajar meningkat maka hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Napabalano juga meningkat.
References
Ape P, T., Tawil, M., & Amin, B. D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 64-73. https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.253
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hopkins. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Irawan, P., Susanna., & Hamid, T. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Siswa Kelas X MAN Suak Timah Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika (JIMPF), 2(1), 114-121.
Kariesma, I. K. M., Zulaikha, S., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Bermedia Powerpoint terhadap Keterampilan Membaca Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SD Gugus I Kuta Badung. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1913
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar lampung: Anugrah Utama Raharja.
Sakti, I., Mega, Y., Puspasari., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 1-10.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/so sio/article/viewFile/1614/753
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Samusu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.