Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Media Pembelajaran Komputer Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna

Improvement Of Learning Outcomes with Learning Media Computer Physics Class X SMA Negeri 1 Napabalano Muna District

Authors

  • Samusu Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.4

Keywords:

fisika, hasil belajar, media pembelajaran komputer

Abstract

Tujuan penelitiaan ini adalah pengaruh penggunaan media ajar dapat meningkatkan hasil belajar fisika kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Penelitiaan dilaksanakan pada bulan oktober s/d Desember 2020 di SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa pengaruh penerapan media pembelajaran komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Napabalano Kabupaten Muna yaitu penggunaan media ajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Napabalano. Artinya jika skor penggunaan media ajar meningkat maka hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Napabalano juga meningkat.

References

Ape P, T., Tawil, M., & Amin, B. D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 64-73. https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.253

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hopkins. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Irawan, P., Susanna., & Hamid, T. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Siswa Kelas X MAN Suak Timah Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika (JIMPF), 2(1), 114-121.

Kariesma, I. K. M., Zulaikha, S., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Bermedia Powerpoint terhadap Keterampilan Membaca Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SD Gugus I Kuta Badung. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1913

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sakti, I., Mega, Y., Puspasari., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 1-10.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/so sio/article/viewFile/1614/753

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Samusu. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Media Pembelajaran Komputer Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna: Improvement Of Learning Outcomes with Learning Media Computer Physics Class X SMA Negeri 1 Napabalano Muna District. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.4

Issue

Section

Articles