Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.376Keywords:
Articulate Storyline 3, Kemampuan Menyelesaikan Soal, Kontekstual, Multimedia InteraktifAbstract
Penelitian dilakukan untuk mewujudkan pengembangan produk multimedia pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap tantangan dalam pembelajaran matematika yang memerlukan pendekatan inovatif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan produk multimedia interaktif berbasis kontekstual yang valid, praktis serta efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (analyze, design, develop, implement dan evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia articulate storyline 3 memenuhi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan dilihat dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media yang meliputi validasi terhadap media, materi dan RPP. Kepraktisan melalui aktivitas guru dan aktivitas siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan Keefektifan melalui hasil belajar dan respon siswa ketika menggunakan multimedia tersebut. Hasil perolehan validasi ahli materi dengan skor 96% (sangat baik), validasi ahli media 96% (sangat baik) dan validasi ahli RPP 95,5% (sangat baik). Aktivitas guru sebesar 91,76%. Sedangkan aktivitas siswa yaitu 88%. Untuk hasil belajar diperoleh hasil rata-rata 88,22. Respon siswa positif dengan rata-rata 95,15%. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah penerapan multimedia interaktif sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal bangun datar.
References
Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pembelajaran Matematika Kelas II MI Ma'arif Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. In Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 87(1,2), 149-200.
Alam, B. I. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Peserta didik SD melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Prosiding. ISBN : 978-979-16353-8-7 Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Peserta didik" pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Amri, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media pembelajaran Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP N 2 Gantarang Keke Kabupaten Banteng. 4(3), 795-801.
Arifin, M. N. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Dengan Menggunakan Media Realia Pada Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 29-34.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Darman, D., Asrul, A., & Saputra, H. N. (2021). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Ketersediaan Peralatan Pendukung dan Aplikasi yang Digunakan. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 64-68. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.21
Fanny, A.M & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1, 1-9.
Heruman, H. (2007). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP PRESS.
Leztiyani, I. (2021). Optimalisasi Penggunaan Articulate Storyline 3 Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 24-35.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Khamdani, R., Rasiman, & Sulianto, J. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas Vi Gugus Ki Hajar Dewantara Kec. Wonotunggal. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 580–594. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.719
Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939-946.
Marriyatul Kiptiyah, Munoto, I. B. & E. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan Di Smkn 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(03), 389–397.
Muslim, El. P., Efriyanti, L., Supriadi, & Musril, H. A. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Di Smp Negeri 3. Jurnal Instek Informatika Sains Dan Teknologi, 7(4), 11-20.
Plomp, T. & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enchede. Netherlands Institute for curriculum development.
Sa’adah, L. (2023). "Proses Pembelajaran Matematika di Kelas (Media, Strategi, Pendekatan, Metode, Model Pembelajaran)" Hasil Wawancara Pribadi: 02 Januari 2023, MI Ma'arif Sidomukti.
Salsabila, Z. A. (2023). "Proses Pembelajaran Matematika di Kelas (Media, Strategi, Pendekatan, Metode, Model Pembelajaran)" Hasil Wawancara Pribadi: 02 Januari 2023, MI Ma'arif Sidomukti.
Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta Timur: Pena Grafika.
Seels, B. B., & R. R. C. (1994). Instructional Technology: The Defenition and Domains of the Field. ssociation For Educational Communications and Technology (AECT).
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01-06. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1929
Suvriadi Panggabean, Ana Widyastuti, Wika Karina Damayanti, D. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Sleman: Penerbit Ombak.
Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99-110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Rineka.
Widada, W. (2016). Profile of Cognitive Structure of Students in Understanding the Concept of Real Analysis. Infinity Journal, 5(2), 83-98. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.p83-98
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845-849.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inayah Al Ilahiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.