Pengembangan Instrumen Evaluasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.347Keywords:
Instrumen Evaluasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penerapan kurikulum merdeka di wilayah Kota Sukabumi menunjukkan respon positif dengan ditandainya sebanyak 70% SD sudah menerapkan kurmer. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan bagaimana pelaksanaan evaluasi kurikulum merdeka yang dilakukan di sekolah dasar wilayah Kota Sukabumi pada tahun 2023. Tahapan dari evaluasi ini adalah melakukan pengembangan instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum merdeka jenjang SD di wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya kemudian melakukan penilaian berdasarkan hasil evaluasi. Metode penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Hal yang dikembangkan adalah instrumen untuk mengevaluasi implementasi kurikulum merdeka pada jenjang SD di wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya. Prosedur evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP. Instrumen ini terdiri dari komponen yaitu implementasi kurikulum merdeka 2022/2023, karakteristik kurikulum merdeka, rencana dan implementasi kurikulum merdeka, evaluasi program, struktur kurikulum merdeka dan modul ajar, penilaian intrakurikuler, asesmen nasional dan akses buku ajar. Hasil evaluasi kurikulum merdeka di tiga SD Wilayah Kota Sukabumi menunjukkan total persentase keseluruhan pelaksanaan komponen-komponen kurikulum merdeka sebesar 83,6%. Dari hasil evaluasi tersebut, terdapat komponen yang perlu ditingkatkan adalah komponen perencanaan berbasis data dalam pelaksanaan kurikulum merdeka.
References
Adnan, M. (2017). Evaluasi kurikulum sebagai kerangka acuan pengembangan pendidikan islam. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 108-129. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v1i2.25
Anas, M. H. (2022). Evaluasi Kurikulum MIS TI Al-Mushthafawiyah. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 5(4), 375-388. http://dx.doi.org/10.47006/er.v5i4.12935
Arofah, E. F. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218-229.
Daryanto. (2014). Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta.
Gultom, M., Sumarno, S., & Madya, S. (2014). Model Evaluasi Reflektif Kurikulum Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Pengembangan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 72-88. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v18i1.2125
Hasan, S. H. (2009). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hastasasi, W., Harjatanaya, T. Y., Kristiani, A. D., Herutami, I., & Andiarti, A. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan. https://repositori.kemdikbud.go.id/26058/
Luma, M., Tola, A., & Hadirman, H. (2020). Evaluasi Implementasi K-13 Berdasarkan Model CIPP di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(2), 186-204. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i2.1307
Muhammad, A., Mappeasse, M. Y., & Arfandi, A. (2018). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Berbasis E-Xam Caraka Di SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal MediaTIK, 1(1), 26-29.
Noviyanti, A. I. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Instrumen Program Management Office. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 101-111. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5807
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka.
Puspitasari, A., Muadin, A., & Salim Salabi, A. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP Di SD Bontang, 8(1).
Rahayu, V. P., & Aly, H. N. (2023). Evaluasi Kurikulum. Journal on Education, 5(3), 5692–5699.
Ridlo, S., & Supriyanto, S. (2011). Pengembangan Instrumen Evaluasi Implementasi Kurikulum Pembelajaran Berbahasa Inggris I-Mhere Di Prodi Pendidikan Biologi Fmipa Unnes: Tinjauan Indikator Dosen. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(2), 169-179.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isma Nastiti Maharani, Niken Dani Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.