Prototipe Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Lokasi Sebagai Media Promosi Penjualan Rumah
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.215Keywords:
augmented reality, lokasi, perumahan, prototipe, system usability scaleAbstract
Perumahan saat ini tidak hanya dikunjungi oleh penduduk sekitar, tetapi juga oleh orang luar seperti calon pembeli rumah yang sedang mencari rumah idaman. Namun seringkali didapati kesulitan yang dialami calon pembeli rumah untuk melihat bentuk dalam rumah secara menyeluruh jika hanya mengandalkan poster atau brosur. Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan prototipe aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis lokasi yang menyajikan informasi dan visualisasi rumah dalam bentuk 3D pada titik lokasi rumah. Tujuannya adalah mengatasi kendala yang sering dihadapi oleh calon pembeli rumah dalam memperoleh informasi komprehensif tentang rumah yang sedang dijual, terutama dalam hal visualisasi ruang dalam. Penelitian ini menggunakan metode prototype yang melibatkan analisis kebutuhan awal, desain rancangan awal, pembuatan prototipe, dan evaluasi. Prototipe aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity sebagai basis pengembangan aplikasi AR. Selanjutnya, pengujian usability aplikasi dilakukan menggunakan kuesioner System Usability Scale. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dan memberikan pengalaman interaktif yang baik bagi calon pembeli rumah dalam memvisualisasikan model rumah yang sedang dijual.
References
Asraf, S. M. H., Hashim, A. F. M., & Idrus, S. Z. S. (2020). Mobile Application Outdoor Navigation Using Location-Based Augmented Reality (AR). Journal of Physics: Conference Series, 1529(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1529/2/022098
Batuwanthudawa, B. I., & Jayasena, K. P. N. (2020). Real-Time Location Based Augmented Reality Advertising Platform. 2020 2nd International Conference on Advancements in Computing (ICAC), 174-179. https://doi.org/10.1109/ICAC51239.2020.9357261
Berger, C., & Gerke, M. (2022). Comparison of selected augmented reality frameworks for integration in geographic citizen science projects. The International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 43, 223-230.
Dianrizkita, Y., Seruni, H., & Agung, H. (2018). Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang. Jurnal Simantec, 6(3), 121-128.
Hendriyana, H., Fuada, S., & Pradeka, D. (2022). Kenal Hardware: Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(1), 247-255. https://doi.org/10.47065/bits.v4i1.1648
Huda, N. (2019). Implementasi Metode Usability Testing Dengan System Usability Scale Dalam Penilaian Website Rs Siloam Palembang. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 36. https://doi.org/10.20527/klik.v6i1.177
Linowes, J., & Babilinski, K. (2017). Augmented Reality for Developers: Build Practical Augmented Reality Applications with Unity, ARCore, ARKit, and Vuforia. Packt Publishing.
Nurdiansyah, J., & Choiron, A. (2018). Augmented Reality Untuk Media Promosi Rumah Pada Alang-Alang Contruction Berbasis Android. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 3(3), 99-106. https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i3.814
Nurmelia, E., & Adri, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking untuk Visualisasi Brosur Penjualan Rumah. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(4), 34-40. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i4.114286
Prabowo, H., Gaol, F. L., & Hidayanto, A. N. (2022). Comparison of the System Development Life Cycle and Prototype Model for Software Engineering. March 2023. https://doi.org/10.46338/ijetae0422
Prakoso, A. D., & Wellem, T. (2022). Perancangan dan Implementasi Sistem Pemantauan Kualitas Udara berbasis IoT menggunakan Wemos D1 Mini dan Android. 4(3), 1246–1254. https://doi.org/10.47065/bits.v4i3.2498
Pressman, R., & Maxim, B. (2020). Software Engineering: A practitioner’s Approach (9th ed.).
Putra, P. B. A. A. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 142-149. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163
Putro, H. T., & Setyowati, E. (2022). Development of Application Based on Augmented Reality as A Learning of History and Culture in Architecture Case Study Pathok Negoro Mosques Yogyakarta. Journal of Artificial Intelligence in Architecture, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.24002/jarina.v1i1.4835
Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 206-212. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.50
Saputra, H. N., Salim, S., Idhayani, N., & Prasetiyo, T. K. (2020). Augmented Reality-Based Learning Media Development. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(2), 176-184. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.258
Sharp, H., Rogers, Y., & Preece, J. (2019). Interaction Design : Beyond Human-Computer Interaction (5th ed.). Wiley.
Syafril, S., Asril, Z., Engkizar, E., Zafirah, A., Agusti, F. A., & Sugiharta, I. (2021). Designing prototype model of virtual geometry in mathematics learning using augmented reality. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1796, No. 1, p. 012035). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012035
Tarmuji, A., Astuti, N. R. D. P., & Anwar, M. D. (2021). Pengembangan Prototipe Aplikasi Kurir Antarjemput Kotak Amal LazisMu Umbulharjo Menggunakan Metode User Centered Design. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 375-383. https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Brian Mikhael Tanrio, Arya Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.