Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah

Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School

Authors

  • Masdar Limbong Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hikmah Medan
  • Firmansyah Pendidikan Agama Islam Universitas Dharmawangsa
  • Fauzi Fahmi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hikmah Medan
  • Rabiatul Khairiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Insan Ikhlas Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dari sampainya pesan yang diberikan oleh pendidik kepada penerima pesan yaitu peserta didik. Adanya media pembelajaran interaktif dapat mengembangkan berbagai gaya belajar siswa sesuai dengan keinginannya seperti siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual maupun kinestetik. Tujuan penelitian ini untuk membantu dan memudahkan siswa dalam kegiatan belajarnya, yaitu media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) karakteristik media interaktif yaitu self instructional, self contained, stand alone (berdiri sendiri), adaptif, user friendly, representasi, visualisasi, menggunakan variasi yang menarik dan kualitas resolusi yang tinggi, tipe-tipe pembelajaran yang bervariasi, respon pembelajaran dan penguatan pembelajaran interaktif; (2) unsur-unsur dalam mempertimbangkan pembelajaran berbasis interaktif yaitu: (a) dukungan komputer yang dinamis, (b) dukungan sosial yang dinamis, aktif dan interaktif, (c) keluasan, dan (d) power; (3) model pembelajaran media interaktif dapat menggunakan berbagai model yaitu, model tutorial, model drills, model simulasi, model instructional games.

Keywords:

interaktif, media pembelajaran, sumber belajar

References

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150-157. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.319

Devega, A. T., & Suri, G. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Smk. Engineering And Technology International Journal, 1(1), 11-18.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), 2(2), 204-210. Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V2i2.17315

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57-63. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51454/Decode.V1i2.17

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25. Https://Doi.Org/10.31943/Mathline.V5i1.126

Hayani, A., Fahmi, F., & Marpaung, R. C. P. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Hots Character Education Strengthening In Hots-Based Learning. Fikrotuna, 11(1). Https://Doi.Org/10.32806/Jf.V11i01.3936

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.310

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126. Https://Doi.Org/10.15575/Join.V2i2.139

Nasir, A., Muhith, A., & Ideputri, M. E. (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 121-126.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V10i3.15275

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540-550. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i3.3014

Rahayu, S. L., Fujiati, & Dewi, R. (2019). Educational Games As A Learning Media Of Character Education By Using Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). 2018 6th International Conference On Cyber And It Service Management, Citsm 2018, 1-4. Https://Doi.Org/10.1109/Citsm.2018.8674288

Rejeki, L. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Digital Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-12.

Rizki, F., Gunawan, I., & Amirudin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Menggunakan Lectora Inspire. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 3(1), 79-86. Https://Doi.Org/10.24042/Ijsme.V3i1.5059

Saputra, H. N., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2016). Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasarwajo. Program Studi Teknologi Pembelajaran & Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 211-218.

Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950-963. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.314

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25. Https://Doi.Org/10.33751/Pedagonal.V5i1.3208

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187-200. Https://Doi.Org/10.24114/Jtikp.V2i2.3295

Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v2.i1.202005

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematikn, 13(1), 101-112. Https://Doi.Org/10.22342/Jpm.13.1.6294.101-112

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75-82. Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V19i1.409

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)