Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar
Use Of Simple Learning Media as A Source of Learning
DOI:
https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya sumber daya alam yang berkualitas yang mampu menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, pendidikan harus selalu diperhatikan dan diprioritaskan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas. Guru sebagai salah satu komponen penting keberhasilan pembelajaran, harus mampu menempatkan dirinya sebagai sosok yang mampu membangkitkan hasrat siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk memudahkan media pembelajaran digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran guna peserta didik mudah memahami proses pembelajaran. Jenis penelitian lapangan case study ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) bentuk media pembelejaran sederhana diperoleh dengan berbagai macam sumber yang dapat dijadikan sebagai media mengajar guru, (2) guru mendesain media pembelajaran sederhana semenarik mungkin menggunakan bahan bekas dari botol plastik, daun, ranting pohon yang ada di lingkungan sekitar sekolah, dan (3) implementasi media pembelajaran sederhana yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran diterapkan di kelas, halaman sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar guna melaksanakan proses pembelajaran.
Keywords:
media, pembelajaran, sederhana, sumber belajarReferences
Alhamuddin, A. Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48-58.
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fahmi, F., & Firmansyah, F. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 83-95.
Fahmi, F., & Wardah Ningsih, R. (2021). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1-16. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46963/Mash.V4i01.230
Hamed, S., & El-Bassiouny, N. (2013). Communicating Social And Religious Values Through Visual Arts In The Aftermath Of A Revolution: Historical And Contemporary Analogies. Journal Of Islamic Marketing, 4(1), 51–63. https://Doi.Org/10.1108/17590831311306345
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hayani, A., Fahmi, F., & Marpaung, R. C. P. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis HOTS. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(2), 1468–1479.
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221-225. https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V10i2.3353
Lexy, J. M. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
Prasetyo, D. R., Fawaida, U., & Noor, F. M. (2019). Pemanfaatan Alat Dan Bahan Dari Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Sederhana Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts Muwahidun Gembong. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 111-117.
Nurmelly, N. (2015). Pendekatan, Model dan Strategi dalam Model Pembelajaran. Palembang: Lingkar Widyaiswara.
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 93-98.
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di madrasah ibtidaiyah Darussalam kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49-55.
Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655
Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(2), 278-299.
Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad-21. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.
Umam, Q., & Sunaryo, S. (2019). Toplesfer: Media Sederhana Untuk Mendukung Pembelajaran Demonstrasi Pada Pelajaran Geografi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2), 81-90.
Wardah Ningsih, R., Slamet Suyanto, & Fahmi, F. (2020). A Development Of Number Circuit Game Based Learning Strategy To Introduce Numeral Symbols For Children Aged 4-5 Years. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 47–58. https://Doi.Org/10.46963/Mash.V4i01.231
Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thingking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sma Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan 2017.
Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana Ke Penggunaan Multi Media. Seminar Nasional dan Workshop tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences, 21-44. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11789/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fauzi Fahmi, Nirwana Anas, Rahmi Wardah Ningsih, Rabiatul Khairiah, Winarli Hendi Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.