Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Sistematika penulisan artikel adalah judul; nama penulis, abstrak disertai kata kunci; pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.

  2. Judul artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia menggunakan huruf Comic Sans MS-14 Bold, maksimal 15 kata, diatur rata tengah.

  3. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama institusi, kota, negara dan alamat e-mail, ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penulis harus memberikan tanda * pada nama penulis korespondensi. Email yang ditulis hanya email korespondensi. Style tulisan Times New Roman, ukuran huruf 12 point.

  4. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 150-200 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Struktur abstrak meliputi: informasi umum mengenai penelitian yang dilakukan, tujuan penelitian, alasan dilaksanakannya penelitian, metode penelitian yang digunakan, dan temuan penelitian. Abstrak ditulis dengan menggunakan huruf TNR-10, jarak antarbaris 1 spasi.

  5. Artikel diketik dengan program Microsoft Word, style tulisan Times New Roman, ukuran 12 pt, 1 spasi. Pengirimian naskah dilakukan secara online melalui website Open Journal System (OJS) dengan alamat https://journal.umkendari.ac.id/index.php/decode/index 

  6. Bagian PENDAHULUAN berisi  pengantar menuju permasalahan utama yang diteliti. Uraikan mengapa permasalahan tersebut sangat penting untuk diteliti. Tunjukan kesenjangan antara kondisi ideal dan kenyataan yang terjadi. Tuliskan juga di posisi mana penelitian anda saat ini apakah mengisi kekosongan penelitian yang belum dilakukan (memiliki dampak besar) terhadap keilmuwan atau kebaruan penelitian, didukung beberapa literatur penelitian mutakhir yang relevan. Bagian ini diakhiri dengan tujuan atau signifikansi yang diharapkan dari penelitian.

  7. Bagian METODE disajikan secara naratif tanpa subbab. Metode ini berisi desain penelitian, jenis model pendekatan paradigma atau sejenisnya. Alasan mengapa desain tersebut dipilih disesuaikan kebutuhan penelitian. Uraikan waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, dan subjek penelitian secara detail. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dan tingkat keandalannya diuraikan dengan jelas. Prosedur pengumpulan data harus dijabarkan secara ringkas dengan menghindari bagian normatif yang tidak diperlukan. Tahap beserta tehnik pengolahan data juga harus dijelaskan secara detail pada bagian ini termasuk penarikan kesimpulan.

  8. Bagian HASIL DAN PEMBAHASAN  merupakan bagian utama artikel ilmiah, berisi: hasil bersih tanpa proses analisis data, hasil pengujian hipotesis. Hasil dapat  disajikan  dengan  tabel  atau  grafik, untuk memperjelas hasil secara verbal. Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoretis yang lebih luas. Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas. Pembahasan diusahakan tidak terpisah dengan data yang dibahas.

  9. Bagian KESIMPULAN dan SARAN; Kesimpulan menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil analisis dan pembahasan, mengacu pada penyelesaian masalah penelitian. Saran-saran mengacu pada hasil penelitian dan berupa tindakan praktis, sebutkan  untuk siapa dan  untuk apa saran ditujukan. Ditulis dalam bentuk essay, bukan dalam bentuk numerikal.

  10. Bagian DAFTAR PUSTAKA Ditulis dalam spasi tunggal (atau at least 12pt), antar daftar pustaka diberi jarak 1 spasi. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA) Style Versi 6. Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka literatur ilmiah (80% referensi primer seperti: jurnal dan makalah prosiding, referensi sekunder sebanyak 20% seperti: buku, skripsi, tesis, dan disertasi). Tahun rujukan referensi primer dan sekunder minimal 10 tahun terakhir. Jumlah rujukan dalam Daftar Pustaka minimal 10 rujukan.

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.