Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Berbasis Multimedia Interaktif

Learning Media of High School Physics For Class X Based On Interactive Multimedia

Authors

  • Darman Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • La Ode Muh. Udin Haliu Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.44

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Media pembelajaran fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X berbasia multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahapan analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Kendari dengan subjek penelitian sebanyak 34 orang yang terdiri dari 5 Orang untuk validasi media, 4 orang guru mata pelajaran fisika untuk validasi materi dan 25 siswa untuk uji imlementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil desain Media Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X Berbasis Multimedia Interaktif terdiri dari halaman home, halaman tujuan, halaman materi, dan halaman materi. Hasil Validasi menujukkan bahwa validasi ahli media secara keseluruhan memperoleh nilai sebesar 88,16%, terkatogori sangat layak, validasi ahli materi memperoleh nilai 83,85%, terkategori sangat layak dan uji implemnetasi memperoleh nilai sebesar 82,9%, terkategori sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Berbasis Multimedia Interaktif sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Keywords:

fisika, media pembelajaran, multimedia interaktif

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darman, D., & Hasnawati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Berorientasi Model Drills and Pratice. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.1

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fajriani, A., Darman, D., Saputra, H. N., & Sinarti, A. (2020). Hypertext Based Interactive Multimedia Development. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(2), 10-16.

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97-111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187.

Rante, P., Sudarto, S., & Ihsan, N. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Audio-Video Eksperimen Listrik Dinamis di SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 203-208.

Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Membantu Pembelajaran Fisika di era COVID-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 165-175. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985

Saputra, H. N., & Salim, S. (2021). Analysis of the Multimedia Use of Primary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2535-2544. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785-793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Darman, & La Ode Muh. Udin Haliu. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Berbasis Multimedia Interaktif: Learning Media of High School Physics For Class X Based On Interactive Multimedia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 76–83. https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.44

Issue

Section

Articles