Efektifitas Penggunaan Elearning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Program Studi PG-PAUD

Effectiveness Of Using Moodle-Based E-Learning as Online Learning Media In PG-PAUD Study Program

Authors

  • Zila Razilu Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Muhammad Akbar Al Maruf Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.43

Abstract

Universitas Muhammadiyah Kendari merasakan dampak dari pandemic COVID-19 yang dimana aktivitas perkuliahan tidak diadakan di kampus akan tetapi dilaksanakan di rumah. Sesuai dengan surat edaran dari pemerintah terkait pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Universitas Muhammdiyah Kendari membuat ELUMAK sebagai aplikasi media pembelajaran yang dipakai oleh pihak kampus agar mahasiswa tetap menjalankan perkuliahan di tengah pandemic COVID-19. Penggunaan ELUMAK pada Program Studi PG-PAUD membuat mahasiswa menajdi lambat dalam proses perkuliahan dikarenakan mahasiswa kurang paham dalam penggunaan ELUMAK. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi jenis pertanyaan tertutup, semi tertutup, dan terbuka yang dibagikan menggunakan google form. Hasil yang dicapai bahwa pembelajaran daring tersebut masih dirasakan cukup puas dengan presntase 37,2%. Penyampaian materi dari dosen ke mahasiswa mengatakan bahwa dosen menyampaikan materi sangat baik melihat presentasi pendapat mahasiswa yang menyatakan 25,6%. Jika dipresentasikan bahwa sekitar 65,1% mahasiswa paham akan materi yang disampaikan. Kekurangan dalam pembelajaran daring menggunakan ELUMAK menunjukkan bahwa 25,6% merasakan lambat masuk / slow respon. sekitar 97,7% mahasiswa mengakses ELUMAK menggunakan handphone untuk mengakses aplikasi. Sekitar 41,9% menyatakan bahwa aplikasi ini sudah sesuai dipakai sebagai media pembelajaran. Terdapat 76,7% mahasiswa lebih memilih Google Classroom sebagai media pengganti ELUMAK untuk pembelajaran daring.

Keywords:

efektifitas, elearning, media pembelajaran, moodle

References

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64 –70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 48-56 . https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka cipta.

Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. JURNAL LAMPUHYANG, 11(2), 13-25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang

Masruro, M., Surur, M., & Munawwir, Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 Prodi Pendidikan Ekonomi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4720-4727.

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revousi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional: Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 95-102.

Priyastuti, M. T., & Suhadi. (2020). Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49-56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383

Purwanti, E., & Krisnadi, I. (2020). Implementasi Sistem Perkuliahan Daring Berbasis ICT Dalam Masa Pandemi Wabah Covid -19. Pascasarjana Program Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1(1), 1–12.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa Smk Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7.

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186-199.

Rismen, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Skripsi Di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI. LEMMA, 1(2), 57-62.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214 – 224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Samoling, I. E., Ismanto, B., & Rina, L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Covid di SMAN 2 Salatiga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 55-61. https://doi.org/10.24246/j.js

Saputra, H. N., & Fajriani, A. (2021). Development of Augmented reality-assisted Health Education Posters on Covid-19. Qanun Medika-Medical Journal Faculty of Medicine Muhammadiyah Surabaya, 5(2), 239-250. http://dx.doi.org/10.30651/jqm.v5i2.7378

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94-101. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring Di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Journal of Biology Education Research, 1(1), 1-14. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/2082

Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. Jurnal IT-EDU, 5(1), 171-181. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36692

Wijayanto, A., Asrifan, A., Yulianti, & Festiawan, R. (2020). Adaptasi Kebiasaan Baru Masyarakat Indonesia pada Era Pandemi Pandemi Covid-19: Tinjauan dari Berbagai Disiplin Ilmu. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Zahra, A. S., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulungagung dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing era Pandemi Covid 19. Gerakan Aktif Menulis, 8(1), 83-89. https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(1).5040

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Razilu, Z., & Akbar Al Maruf, M. (2022). Efektifitas Penggunaan Elearning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Program Studi PG-PAUD: Effectiveness Of Using Moodle-Based E-Learning as Online Learning Media In PG-PAUD Study Program. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 66–75. https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.43

Issue

Section

Articles