Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Intensi Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Remaja di Yogyakarta

The Relationship of Peers Conformity And The Intentions Of Social Media Use Tiktok On Youth In Yogyakarta

Authors

  • Sri Bulan Psikologi Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Zahro Varisna Rohmadoni Psikologi Universitas Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.42

Abstract

Konformitas adalah perubahan perilaku remaja sebagai suatu usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok, hasil dari proses konformitas ada yang bersifat positif dan negatif, selanjutnya intense adalah sebuah niat seseorang yang mendorong seseorang untuk melakukan perilaku tertentu. Niat seseorang untuk melakukan perilaku tertentu itu berkaitan dengan keyakinan, tentang suatu hal, sikap, terhadap hal tersebut dan perilaku merupakan wujud nyata dari niat itu sendiri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dan intensi penggunaan media sosial tiktok pada remaja di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 remaja pengguna media sosial tiktok di Yogyakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala konformitas teman sebaya dan skala intensi, data di analisis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar P=0,005 <0,05 yang artinya terdapat hubungan signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap intensi penggunaan media sosial tiktok pada remaja di Yogyakarta.

Keywords:

intensi, konformitas, media sosial tiktok, remaja, teman sebaya

References

Agus, S. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 1-17.

Albery, I. P., & Munafo, M. (2011). Psikologi Kesehatan Panduan Lengkap dan Komprehensif Bagi Studi Psikologi Kesehatan. Yogyakarta: Palmall.

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baisa, Y. G., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Intensi Judi Pada Komunitas Fans Club “X” Indonesia Regional Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 391-395.

Cinthia, R. (2017). Hubungan Antara Konformitas Teman sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, 6(2), 31-37.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 211-219.

Hadi, S. (2014). Penelitian Research. Yogyakarta: BPFE.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2010). Enterpreneurship. Singapura: McGraw-Hill Education.

Kristina, M., Elvinawaty, R., & Mailani, L. (2013). Perbedaan Gender dalam Kecenderungan Untuk Berkonformitas Pada Siswa SMA Raksana Medan. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 8(1), 12-18. https://doi.org/10.32734/psikologia.v8i1.2560

Kulsum, U., & Jauhar, M. (2014). Pengantar Psikologi. Jakarta: Prestasi Pusaka.

Lubis, E. E. (2014). Potret Media Sosial dan Perempuan. Jurnal Parallela, 1(2), 97-106.

Meilinda, E. (2013). Hubungan Antara Penerimaan Diri dan Konformitas terhadap Intensi Merokok pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 9-22.

Mikhael, A. (2019). Use of Tiktok for Gratifications and Self-Expression Among Urban Generation Z. Retrieved from http://library.binus.ac.id/Thesis/RelatedSubject/BI-COMM-2019-0158

Solehah, R., Hakim, L., & Hartono, R. (2019). Hubungan Antara Konformitas Kelompok Sebaya Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Smk Negeri 1 Sumbawa Besar. Jurnal Psimawa, 2(1), 52-57.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Sri Bulan, & Varisna Rohmadoni, Z. (2022). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Intensi Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Remaja di Yogyakarta: The Relationship of Peers Conformity And The Intentions Of Social Media Use Tiktok On Youth In Yogyakarta. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.42

Issue

Section

Articles