Penerapan Blended Learning Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar

Implementation Of Blended Learning Based on Character Education In Elementary School

Authors

  • Atika Maulidina Hasan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.41

Abstract

Pada era pasca covid, selain hasil belajar, terdapat aspek penting lain yang harus diperhatikan yaitu pembentukan karakter Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana cara menerapkan pembelajaran blended learning berbasis pendidikan karakter pada jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi literatur, dengan mengumpulkan berbagai macam sumber relevan baik jurnal, buku, prosiding di lingkup nasional maupun internasional terkait topik yang dibahas. Hasil dari penelitian ini adalah blended learning dapat dijadikan solusi terbaik tidak hanya untuk meningkatkan hasil belajar, melainkan juga untuk membentuk karakter siswa. Untuk dapat menerapkan blended learning berbasis pendidikan karakter ini, maka diperlukan persiapan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Beberapa hal yang perlu disiapkan diantaranya memodifikasi kegiatan pembelajaran, indikator, dan evaluasi agar dapat mengembangkan nilai-nilai karakter. Selain itu, dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter, guru sebagai fasilitator harus mengemas nilai karakter tersebut agar mudah dipahami siswa, spontan, dan dapat dijadikan kegiatan rutin (pembiasaan).

Keywords:

blended learning, pendidikan karakter, sekolah dasar

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866.

Amran, M., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan" Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menuju Era Disrupsi Teknologi" , 254-261. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/11744/

Astuti, P., & Febrian. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119.

Dewi, R. Rosalinda, R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Blended learning di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edueksos, 10(1), 32-47.

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Firdaus, S., Isnaeni, W., & Ellianawati. (2018). Motivation and Learning Achievement of Primary Students in Theme Based Learning using Blended learning Model. Journal of Primary Education, 7(3), 324-331.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Hidayahwati, R. (2021). Trend Blended learning pada Pembelajaran di New Normal dari Pandemi COVID-19. Journal of Educational and Language Research, 1(4), 421–424.

Hijriyani, Y. S., & Saprialman. (2021). Blended learning Model: An Alternative for Early Children Learning in Pandemic COVID-19. Genius, 2(2), 153-164.

Kemendikbud. (2021). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Dan Vokasi.

Lestari, D., E.S, S. M., & Susanti, R. (2016). Pengembangan Perangkat Blended learning Sistem Saraf Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 83-93.

Melati, S., Fadilah, M., Yogica, R., & Fitri, R. (2021). Peran Blended learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID 19. Integrasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menghasilkan Produk Sains Berbasis Kearifan Lokal, 799-803.

Ninawati, M. (2020). Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(2), 24-29.

Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472-484.

Paslah, R. B., & Darussyamsu, R. (2020). The Headmaster’s Support of Biology Online Learning During Covi-19 Pandemic. Report of Biological Education, 1(2), 52-62.

Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). Implementasi Blended learning untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 89-101.

Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan Model Blended learning dalam Peningkatan Hasil Belajar menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145-152.

Rahmani, A. P. (2022). Penerapan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Selama Masa Pandemi Covid-19. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 21-34.

Rubei, M. anwar. (2016). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKN untuk Mengembangkan Kemandirian Siswa di MTS Mathlaul Anwar Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), 198-212.

Saputra, H. N., & Fajriani, A. (2021). Development of Augmented reality-assisted Health Education Posters on Covid-19. Qanun Medika-Medical Journal Faculty of Medicine Muhammadiyah Surabaya, 5(2), 239-250. http://dx.doi.org/10.30651/jqm.v5i2.7378

Thaariq, Z. Z. A., & Anggraini, R. (2021). Pengejawantahan Blended learning untuk Mendukung Kultur Lingkungan Belajar Berbasis Kehidupan Pasca Pandemi. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 6(2), 103-116. https://doi.org/10.17977/um022v6i22021p103

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Maulidina Hasan, A. (2022). Penerapan Blended Learning Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Implementation Of Blended Learning Based on Character Education In Elementary School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.41

Issue

Section

Articles